Pengguna B30 Butuh Triks dan Tips Ini

10 February 2020
Suryo S
 
Sifat-sifat negatif dari biodiesel perlu diantipasi dengan penambahan filter solar dan tabiat penggunaan kendaraan
 

Penggunaan solar B30 sudah ditabuh pada awal tahun ini. Namun perlu diketahui bahwa biodiesel punya sifat dasar negatif yang jadi cirinya yakni :

  1. Sifat membersihkan, yang bisa menyebabkan larutan kotoran pada tangki atau jalur bahan bakar terbawa menuju mesin dan menyebabkan penyumbatan filter atau kerusakan sistem injeksi bahan bakar mesin.
  2. Struktur kimia rantai gandanya mudah teroksidasi.
  3. Higroskopis (mudah menyerap air) sehingga bakteri dapat tumbuh dan dan menghasilkan lumpur dan asam yang menyumbat filter.

Dari ketiga sifat negatif ini, yang paling menonjol adalah mengakibatkan penyumbatan pada jalur bahan bakar dan dapat menyebabkan kendaraan mogok.

Untuk kendaraan baru biasanya pihak dealer sudah memberikan peringatan untuk melakukan penggantian filter solar lebih cepat dari biasanya dan menambahkan filter tambahan.

Lalu apakah yang bisa dilakukan kendaraan lawas untuk beradaptasi dengan jenis bahan bakar solar yang satu ini.

“Intinya sama dengan yang dilakukan pada kendaraan baru, dengan menambahkan filter solar tambahan pada kendaraan,” terang Reizy Viraldy Hanintyo dari bengkel XCTOS, yang buka praktek di Bilangan  Pondok Cabe, Tangerang Selatan.  “Filter tersebut dipasang di antara tangki solar, sebelum masuk ke fuel pump,” terang Reizy. “Setidaknya solar yang masuk ke fuel pump jadi lebih bersih dan mampu mencegah mampet,” sambungnya.

Lebih lanjut lagi Reizy mengatakan bahwa menggunakan Biosolar harus ada strateginya. Kendaraan yang aktif digunakan tiap hari lebih aman dibandingkan dengan kendaraan yang dipakai sesekali. “Pastikan bio solar jangan sampai ngendon terlalu lama di dalam tangki karena sifat higroskopiknya,” ungkap pebengkel yang banyak menggarap kendaraan bermesin diesel ini.

“Jika ingin menyimpan mobil dalam waktu lama, hindari penggunaan biosolar dan isi dengan dexlite atau solar kelas premium,” tutupnya.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait