Supir Bus Diperiksa Urine Demi Keselamatan Di Jalan

Supir Bus Diperiksa Urine Demi Keselamatan Di Jalan
Sebanyak 50 supir bus di Terminal Guntur Kabupaten Garut, dites urine untuk mengetahui kondisi tidak terpengaruh alkohol dan obat-obatan terlarang.
 

Keselamatan di jalan merupakan hal paling penting saat berkendara. Berkaitan dengan liburan Natal dan Tahun Baru, di Terminal Guntur, dilakukan pemeriksaan urine para supir bus.

Dikutip dari SuaraJabar.id, Kepala Terminal Guntur Garut, Sofyan Hidayat mengatakan, bahwa berkaitan dengan libur Natal dan Tahun Baru, pihaknya sudah menyiapkan armada maupun fasilitas yang memenuhi syarat protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

"Kita sudah antisipasi, khususnya kaitannya dengan penerapan protokol kesehatan," katanya.

Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan kondisi kesehatan 50 supir bus dengan melakukan tes urine.

Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi sopir tidak dalam pengaruh minuman alkohol, obat-obatan terlarang maupun jenis narkotika lainnya yang bisa membahayakan diri sendiri maupun penumpang saat mengemudikan kendaraan.

Selain memeriksa sopir, petugas gabungan juga melakukan pemeriksaan kelayakan beroperasi pada armada bus sebelum mengangkut penumpang. Termasuk pada kelengkapan kendaraan seperti air pembersih kaca dan wiper, harus berfungsi baik. Karena saat ini kondisi kerap hujan dan rawan bencana.

Kepala Unit Penegakan Hukum Satuan Lalu Lintas Polres Garut, Ipda Priyo Sambodo mengatakan, petugas memeriksa secara detail kondisi kendaraan bus antarkota maupun antarprovinsi termasuk surat-suratnya, untuk memastikan aman saat dioperasikan.

"Ini untuk mengecek kesiapan, baik kondisi kendaraan, surat-suratnya, hingga hal-hal yang kaitannya untuk penerapan protokol kesehatan," ujar Priyo.

Priyo mengungkapkan hasil pemeriksaan terhadap 50 sopir tidak ditemukan adanya yang positif mengkonsumsi zat berbahaya.

"Hasil tes urine juga tidak ada satu pun pengemudi yang hasil tesnya menunjukkan positif narkoba," katanya.

Kepala Terminal Guntur Garut Sofyan Hidayat menambahkan, selama ini kedatangan maupun keberangkatan penumpang di terminal masih terlihat sepi.