Toyota, Daihatsu dan Suzuki Bentuk Kolaborasi Bikin Mobil Komersial Ramah Lingkungan

Toyota, Daihatsu dan Suzuki Bentuk Kolaborasi Bikin Mobil Komersial Ramah Lingkungan
Bikin minivan bertenaga listrik
 

Belum lama ini Toyota, Suzuki, dan Daihatsu mencanangkan sebuah kolaborasi yang akan dilansir secara massal tahun depan. Ini satu sinergi guna mewujudkan langkah cepat dari ketiga pabrikan ini untuk membuat kendaraan yang semakin ramah lingkungan.

Kerjasama ini akan melibatkan tiap pabrikan berdasarkan keunggulan rekayasa yang sudah dimiliki. Suzuki dan Daihatsu akan banyak berperan dalam desain kendaran ukuran kecil, Toyota sendiri akan mendukung keduanya dari sisi pengusaan teknologi mobil tenaga listrik.

Sementara itu ada pihak lain, Commercial Japan Partnership Technologies Corporation (CJPT), yang akan ikut juga dalam proses desain untuk mobil tersebut.

Kendaraan angkut barang yang berukuran kecil itu nyata dibutuhkan di Jepang yang juga punya banyak daerah terpencil yang sulit dijangkau kendaraan angkut barang yang besar. Proyek ini akan dimulai untuk masuk ke area Fukushima dan Tokyo.

Sudah direncanakan akan ada 580 unit kendaraan logistik ringan ini untuk melayani daerah-daerah terpencil tersebut. Pada kesempatan lain, Toyota juga sudah menjalin kerjasama dengan pihak Isuzu Motors dan Hino Motors untuk mengembangkan truk dengan spesifikasi daya fuel cell.