Truk Derek Hadir Karena Tuntutan Perang

Truk Derek Hadir Karena Tuntutan Perang
Derek pertama berwujud traktor bertenaga uap yang dibuat oleh Porsche.
 

Kendaraan derek telah menjadi bagian dari ekosistem di jalan raya saat ini. Jenis ini bisa berwujud truk besar hingga truk atau kendaraan ukuran menengah.

Namun tahukah Anda, bahwa kemunculan kendaraan derek atau yang biasa dikenal sebagai towing truck atau wrecker truck awalnya hadir dari tuntutan untuk memenuhi kebutuhan militer?

Kemunculan derek tak lepas dari keterlibatan Ferdinand Porsche yang mengembangkan sebuah traktor altileri untuk angkatan bersenjata Hungaria pada 1908. Kendaraan berkode M 08 ini mampu bergerak dengan tenaga uap untuk menarik senjata meriam.

Kemunculan derek untuk keperluan sipil muncul saat Ernest Holmes Sr dari Chattanooga, Tennessee. Sebelumnya Holmes melakukan modifikasi pada Cadillac miliknya, dengan dipasangi perangkat katrol sekitar tahun 1913. Kemudian ia pun secara khusus membuat kendaraan khusus berupa sebuah kendaraan yang mampu memindahkan kendaraan lainnya dengan menggunakan pengait pada bagian belakangnya.  

Karya Holmes ini ternyata mendapatkan respons yang baik dari pasar dan Holmes secara umum lantas membuka jasa derek, sekaligus membuat perakitan derek.

Saat ini kondisi derek telah berkembang pesat dan tak melulu berwujud kendaraan dengan kerekan di bagian belakangnya.