Bus Scania K250IB High Deck, Berpotensi Jadi Angkutan Non-Koridor Transjakarta

Bus Scania K250IB High Deck, Berpotensi Jadi Angkutan Non-Koridor Transjakarta
Ada keuntungan bus dengan dua sumbu seperti Scania K250IB, meskipun secara kapasitas penumpang lebih sedikit dari versi tronton.
 

Belum lama ini, United Tractors merilis bus Scania K250IB di tanah air. Dengan bodi Cityline 2 garapan karoseri Laksana, bus tersebut hadir sebagai armada Transjakarta. Untuk rute mana?

Ternyata bus tersebut memiliki potensi untuk menjadi armada non-koridor, atau pengumpan. "Pengadaan yang sedang kami persiapkan saat ini fokus pada bus high deck 12 meter, dua sumbu. Ini yang lagi digalakkan," ucap Yoga Adiwinarto, Direktur Teknik dan Fasilitas Transjakarta.

Menurutnya ada keuntungan bus dengan dua sumbu seperti Scania K250IB, meskipun secara kapasitas penumpang lebih sedikit dari versi tronton. Seperti Volvo B11R, atau Scania K410IB.

"Pada rute Transjakarta ada yang namanya rute direct, non-koridor. Bus ini kami rasa pas untuk lebar jalannya. Lalu radius putar juga cocok dengan bus 12 meter ini," urainya.

Hal ini memungkinkan Scania K250IB menjadi bus di jalur non-koridor keluar Jakarta, seperti Tangerang atau Bekasi. Setelah masuk ke busway, bus bisa langsung docking ke halte Transjakarta.

Sebagai informasi, tahun ini Transjakarta melakukan pengadaan lokal sekitar 100-120 unit bus dengan tipe bervariasi. Ada big bus dan sedang (minitrans) 8 meter.