Bus Sekolah Jakarta, Jadi Sarana Mobilisasi Vaksinasi Lansia

Bus Sekolah Jakarta, Jadi Sarana Mobilisasi Vaksinasi Lansia
Lansia yang diantar merupakan warga yang terdaftar sebagai calon penerima vaksinasi di faskes yang jauh dari tempat tinggalnya.
 

Selain serfungsi sebagai angkutan pasien positif corona, selama masa pandemi bus sekolah Jakarta memiliki fungsi lain. Yaitu untuk memobilisasi warga lanjut usia (lansia) untuk mendapatkan vaksinasi.

Dalam keterangannya, Dishub DKI Jakarta melalui UP Angkutan Sekolah sediakan Bus Sekolah untuk mengantar lansia yang akan divaksinasi.

Lansia yang diantar merupakan warga yang terdaftar sebagai calon penerima vaksinasi di faskes yang jauh dari tempat tinggalnya. Upaya ini diharapkan mampu meringankan lansia dalam hal transportasi saat akan divaksinasi.

Salah satunya saat bus sekolah mengantar para lanjut usia (lansia) warga Kelurahan Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, untuk menjalani vaksinasi Covid-19, Minggu (21/3).

Camat Pulo Gadung, Bambang Pangestu berterima kasih sekaligus mengapresiasi layanan transportasi bus sekolah ini. "Mekanisme prosedur peminjaman sangat mudah dan responsif. Kegiatan Minggu pagi, Jumat sore diajukan, Sabtu sudah dijawab," katanya.

Pada hari itu, Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dishub DKI Jakarta mengoperasikan tiga armada untuk transportasi vaksinasi warga lansia wilayah Kecamatan Pulo Gadung. Dua armada untuk Kelurahan Rawamangun, dan satu armada untuk Kelurahan Jatinegara Kaum, dengan total 117 penumpang.