Ini Jetbus Transit, Medium Bus Lower Deck Monokok Dari Adi Putro

28 June 2021
ILM
 
Desain bodi Jetbus Transit tampil modern dengan gaya Eropa yang minimalis. Tampak dari front fascia yang hanya dibekali lampu bulat dan kesan flat di depan.
 

Karoseri Adi Putro membuat kejutan di akhir pekan lalu. Yakni dengan merilis bus medium pertama dengan rangka monocoque (monokok) lower deck berjuluk Jetbus Transit.

Dari sisi eksterior, desain bodi Jetbus Transit tampil modern dengan gaya Eropa yang minimalis. Tampak dari front fascia yang hanya dibekali lampu bulat dan kesan flat di depan.

Tapi yang menarik, kaca depan lengkungnya malah mengingatkan kita akan bus kota lawas, Mercedes-Benz OH 408 Volgren yang dulu pernah berwara-wiri sebagai armada PPD di Jakarta.

Selain itu, bagian sampingnya didominasi kaca berukuran lebar. Untuk kemudahan akses penumpang, terutama lansia dan disable, lantainya pun rendah.

Hal cukup menarik, meski dibangun dengan basis sasis ladder dari Hino, namun oleh Adi Putro dirombak menjadi tipe monokok. Sasis monokok dibuat dengan menyatukan bagian sasis dan bodi secara langsung. Sehingga bus lebih ringan dan hemat bahan bakar.

Untuk kebutuhan dalam kota, Jetbus Transit dirancang agar stabil dengan suspensi coil spring (per keong) sehingga membuat penumpang semakin nyaman.

Selain itu, karena hadir di era pandemi corona, bus ini juga dilengkapi dengan protokol kesehatan cek suhu otomatis dan hand sanitizer.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait