Ini Standar Mercedes-Benz Untuk Karoseri Bus di Indonesia

06 March 2020
ILM
 
Yang paling penting adalah, bodi tidak boleh merusak struktur sasis. Seperti dapat menghalangi cara kerja, atau menyulitkan saat pergantian spare part.
 

Saat ini ada 12 karoseri di tanah air yang direkomendasikan oleh Mercedes-Benz dalam membangun bodi bus pada sasis mereka. Untuk mendapatkan rekomendasi tersebut, Mercedes-Benz memberikan standardisasi dan syarat tertentu.

"Untuk kerjasama dengan karoseri, kami memiliki dua tipe sertifikasi. Yaitu sertifikat kerjasama dan sertifikasi sasis. Untuk mendapatkannya, kami akan mengawasi pengerjaan karoseri based on checklist," buka Muhammad Thoyib, Bus Body Builder Advisory Mercedes-Benz Truck Europe & Daimler Bus.

Untuk pengerjaan bodi bus menurutnya lebih ke bagaimana cara karoseri tersebut menyatukan bodi dan sasis. "Kami memberikan guidance pengerjaannya dan harus sesuai, mulai material dan proses," saat kami temui Jumat (6/3).

Yang paling penting adalah, bodi tidak boleh merusak struktur sasis. Seperti dapat menghalangi cara kerja, atau menyulitkan saat pergantian spare part. "Karena kami juga mengutamakan keselamatan. Sehingga yang tak kalah penting juga perhitungan penyatuan sasis dan bodi yang baik," urainya.

Sebagai catatan, 12 karoseri yang ditunjuk Mercedes-Benz adalah Restu Ibu Pusaka dan Rahayu Santosa asal Bogor. Lalu Nusantara Gemilang dari Kudus dan Laksana dari Ungaran. Juga New Armada dan Trisakti asal Magelang.

Di wilayah Jawa Timur, terdapat karoseri Gunung Mas asal Madiun. Serta Morodadi Prima, Adi Putro, Tentrem, Piala Mas dan Karya Tugas Anda dari Malang.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait