Israel Bisa Juga Bikin Bus

05 April 2023
Erie W. Adji
 
Andalkan sasis stainless steel
 

Israel bukan hanya piawai menghasilkan kendaraan tempur, spesifikasi sipili juga bukan hal yang langka dibuat oleh beberapa pabrikan di sana. Salah satunya adalah Merkavim. Ini meruupakan  salah satu produsen bus terkemuka di Israel.

 Merkavin sendiri, selain berkolaborasi dengan pabrikan kelas dunia seperti Volvo maupun Golden Dragon, juga melakukan pengembangan produk sendiri. Yang dihasilkan seperti berbagai model bus, termasuk bus listrik, dan juga minibus.

Alat tes terbalik ini sangat berguna untuk menguji performa terbaik dari sebuah bus

Perusahaan ini berdiri tahun 1946, saat ini kapasita sproduksinya 1.000 unitbus tiap tahunnya. Berkantor pusat di kawasan Caesarea, sebelah utara Tel Aviv. Dan ada hal yang spesifik dari setiap produk Merkavin, sasis berbahan stainless steel yang berkarakter; biaya perawatan ekonomis, tahan lama, ringan, hingga bisa menghemat konsumsi ban.

Bisa jadi karena Israel berada di wilayah regional yang ‘hangat’ maka soal kemanan juga mendapat perhatian sangat serius, baik fasilitas kemanan pasif maupun aktif. Tanpa mengurangi soal estetika, ulitas, maupun pengoperasian. Selain itu, sistem rancxang bangun sampai produksi akhir daei Merkavin terbilang salah satu yang terdepan di dunia produsen bus kelas dunia.

Berbekal standar kerja yang sama dengan pabrilan sal Eropa, Merkavin bisa membuat sejumlah produk seperti model Apollo yang merupakan produk kelas tertinggi. Lalu ada model Mars yang terbilang paling banyak dipakai sebagai bus kota dan peruntukan khusus lainnya.

Pabrikan ini paling tidak sudah melansir dua model bus listrik yang basisnya memakai bus Golden Dragon.

Dan ada satu produk yang secara khusus bernama Mars Defender. Dirancang untuk dipakai aparat keamanan dala bertugas di lapangan. Dipakai ketika ada operasi-operasi khusus.  

Mars Defender, bus untuk aparat keamanan

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait