Munich Siap Bus Kota Tanpa Sopir

21 April 2023
Erie W. Adji
 
Proyek melibatkan pabrikan, pemerintah kota, dan perguruan tinggi
 

Kota Munich di Jerman menjadi salah satu pelopor otomatisasi angkutan massal di Eropa, mungkin juga di dunia. Sebab baru-baru ini kota Munich sudah mencanangkan untuk mengoperasikan bus kota tanpa sopir mulau tahun 2025.

Kolaborasi itu dilakukan oleh tiga pihak sekaligus, pabrikan bus MAN, Münchner Verkehrsgesellschaft (MVG) sebagai otoritas bus kota Munich, dan Münchner VerkehrsVerbund (MVV) sebagai perusahaan konsultasi teknologi. Menurut pihak MAN, nantinya proyek ini akan mampu mereduksi biaya operasional bus kota secara keseluruhan sapai separuhnya.

Pihak MAN sendiri akan menyediakan armada yang akan melintasi ta kurang dari 144 rute di seantero kota Munich. Dan sejumlah perguruan tinggi di Jerman juga dilibatkan secara aktif untuk melakukan pengembangan lanjutan. Sebut saja; Universitas Stuttgart, dan Institut Teknologi Karlsruhe. Kerjasama ini sendiri juga menyedot biaya yang tidak sedikit, paling tidak sudah dianggarkan dana sebesar 13 juta Euro hingga proyek dirilis resmi tahun 2025.

 

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait