Nah, Inilah Bodi Baru Laksana Di GIIAS 2023

Nah, Inilah Bodi Baru Laksana Di GIIAS 2023
Hanya ‘Minor Change’?
 

Perhelatan GIIAS 2023 sudah menghitung hari kurang dari satu minggu. Untuk Hall 3 dan sebagian Hall 2 di ICE BSD, Tangerang selama sepuluh hari itu (10-20/8) akan menampilkan sejumlah ‘bintang’. Paling tidak ada lima booth yang menghadirkan ‘bintang baru’, seperti Toyota dengan pikap terbarunya, lalu ada Mitsubishi dengan eCanter terbaru, dan juga tiga raksasa karoseri yang memberikan panggung buat sejumlah desain terbarunya.

Khusus untuk barisan perusahaan karoseri, Laksana termasuk yang belakangan memunculkan desain terbaru mereka di GIIAS 2023. Bahkan saat disambangi bulan lalu (5/7) di Ungaran, Jawa Tengah, belum ada info yang akurat soal bagaimana desain terbaru mereka untuk perhelatan otomotif tahunan itu.

Kusririn sebagai R&D Manager Laksana hanya beri petunjuk singkat bahwa pihaknya akan menghadirkan enam produk unggulan. “Dua diantaranya benar-benar model terbaru,” ujarnya waktu itu.

Laksana sudah kasih intip prioduk baru mereka di GIIAS 2023 di sebuah event di Ungaran, Semarang, bulan Juli lalu

Dari enam produk tersebut merupakan bus ukuran besar dan satu unit bus ukuran sedang. Sejurus kemudian diterangkannya lagi bahwa Laksana secara rutin akan merilis model maupun desain terbaru setiap tiga tahun.

“Pemesan akan selalu mendapatkan desain yang terbaru sesuai siklus desain, desain kami yang lama tidak lagi kami sodorkan ke pemesan. Kalaupun ada yang meminta ubahan pada desain Laksana yang sebelumnya untuk dirubah dengan desain yang baru kami bisa terima,” urai pria yang akrab dipanggil Ririe waktu itu.

Barulah dalam rentang satu minggu menjelang GIIAS 2023 diberangkatan beberapa bus yang sejumlah titik di bodinya dilapisi stiker kamuflase. Tentu saja ini mengundang animo yang tidak sedikit di dunia maya. Terlebih setelah beberapa unit tertangkap kamera sudah tiba di area ICE, BSD, Tangerang, dimana bus-bus dengan stiker di sana-sini sedang dalam proses masuk ke venue. Seperti yang diabadikan oleh akun @Nikoadii.

Ubahan detail pada 'selendang'

Patut diduga, ubahan pada unit 'tronton' ada di bagian depan

Jika menilik dua bus besar, salah satunya ‘tronton’, bisa diduga kalau selain dua unit yang disebutkan Ririe model paling baru maka unit yang lain hanya menyodorkan ‘minor change’. Karena tim Bus-Truck.id sempat mengambil gambar dua unit ‘baru’ Laksana saat berkunjung ke markas mereka di Ungaran bulan Juli lalu.

Nampaknya yang benar-benar  ‘new model’ atau paling tidak ‘major change’ akan disematkan pada unit bus ukuran sedang dan unit double decker.

Kita tunggu saja...

Engine hood sepertinya ada detail baru berupa kisi-kisi horizontal

 

Baca juga : Kisi-Kisi Disebar, Laksana Tutup Rapat Info Bus Barunya di GIIAS 2023

Baca juga : Dua Model Terbaru Laksana Di GIIAS 2023