Naik Bus Dapat Makan Gratis? Kenali Kelas dan Jurusannya

Naik Bus Dapat Makan Gratis? Kenali Kelas dan Jurusannya
Bagi yang menginginkan servis makan gratis hingga dua kali, maka incaran yang tepat adalah bus-bus dengan rute Jawa-Bali.
 

Jika Anda hendak bepergian ke luar kota menggunakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP), maka servis makan gratis menjadi salah satu fasilitasnya. Namun tak semua perusahaan otobus memberikannya lho. Anda harus kenali kelas dan rutenya jika tak ingin berujung protes.

Bagi yang menginginkan servis makan gratis hingga dua kali, maka incaran yang tepat adalah bus-bus dengan rute Jawa-Bali. PO Surya Bali dan Bejeu jurusan Denpasar-Jepara PP. Serta M Trans rute Kediri-Denpasar menawarkan dua kali servis makan gratis. Penumpang pun masih dimanjakan dengan tambahan snack di dalam bus.

Sementara dari Jakarta, bus dengan servis makan gratis dua kali ditawarkan oleh PO Harapan Jaya. Bus tersebut memiliki trayek Jakarta menuju kota-kota di Jawa Timur seperti Blitar dan Madiun. Menariknya, jika Anda berangkat dari arah Jawa Timur, bus ini hanya menyediakan servis makan gratis sekali saja. Servis makan kedua diganti dengan makanan ringan dan air mineral.

Kemudian ada bus dengan servis makan satu kali. Kebanyakan rute bus ini terdiri dari trayek Jakarta ke kota-kota di Jawa Tengah, Jogjakarta atau Jawa Timur. Kelas yang mendapat fasilitas tersebut mulai dari AC VIP hingga Super Executive. Semisal PO Shantika atau Muji Jaya rute Jakarta-Jepara PP atau PO Ramayana dan Maju Lancar dari Jogja ke Jakarta. Rute menengah seperti Jakarta-Wonosobo dari Pahala Kencana juga mendapat servis makan gratis.

PO Sinar Jaya kelas bisnis dan eksekutif jarak dekat tak menyediakan makan gratis

Ada pula bus-bus AKAP yang tak menyediakan servis makan gratis. Semisal bus jurusan Jakarta-Cirebon, atau kota-kota lain di Jawa Barat memang tak memiliki fasilitas makan gratis. Lalu bus tujuan Sumatra juga tak menghadirkan layanan ini, apa pun kelas busnya.

Sedangkan bus dari Jakarta ke kota-kota bagian barat Jawa Tengah, seperti Tegal, Purwokerto, Bobotsari atau Bumiayu seperti PO Sinar Jaya, DMI dan Murni Jaya tak menyediakan servis makan gratis. Jadi jangan salah naik ya.