Piala Mas Rilis Bus Trans Metro Deli Asal Medan

Piala Mas Rilis Bus Trans Metro Deli Asal Medan
Bus ini pesanan PT Medan Bus Trans selaku operator TMD
 

Karoseri asal Malang, Piala Mas belum lama ini merilis bus kota medium berjuluk Trans Metro Deli (TMD). Bus tersebut rencananya akan menjadi moda transportasi dalam kota di Medan, Sumatra Utara.

Bus ini pesanan PT Medan Bus Trans selaku operator TMD. Layanannya berupa bus rapid transport (BRT) seperti Transjakarta. Pun demikian dengan skemanya, yakni Buy The Service dengan bantuan dari Kementerian Perhubungan. Sehingga tak ada sistem kejar setoran.

Selain itu, rencananya bus ini akan beroperasi dengan sistem cashless. Untuk pembayarannya penumpang bisa menggunakan kartu uang elektronik, atau scan barcode via smartphone.

Kambali pada bus berkelir hijau ini. Hadir sebagai bus dalam kota, secara tampilan eksterior tampangnya serba kotak. Kemudian akses keluar masuk penumpang dilayani dengan satu pintu kecil di depan dan sepasang pintu lebar di bagian tengah.

Soal sasisnya, bus TMD ini mengandalkan keluaran Hino medium bus bertipe FB 130. Sedangkan bagian dalamnya tetap berciri bus dalam kota, yakni dengan konfigurasi seat saling berhadapan dan ruang tengah lega untuk penumpang berdiri.