PO Lorena Ulang Tahun Ke-50, Seperti Ini Bus Pertamanya

11 September 2020
ILM
 
Ini merupakan big bus pertama milik PO Lorena yang hadir tahun 1973. Tak heran jika kodenya adalah Lorena 001.
 

Pada tanggal 9 September lalu, PO Lorena merayakan hari jadi mereka yang ke-50 tahun. Dan bus lawas ini merupakan salah satu saksi dari sejarah perjalanan armada asal Bogor tersebut. Yuk, tengok.

Ini merupakan big bus pertama milik PO Lorena yang hadir tahun 1973. Tak heran jika kodenya adalah Lorena 001. Ini merupakan satu dari dua bus pertama yang dimiliki perusahaan yang dibangun oleh GT Soerbakti itu.

Lorena 001 bersasis Mercedes-Benz OF1113 bermesin depan. Bodi bus digarap oleh karoseri lokal yang juga berasal dari Bogor, Rahayu Santosa. Model Lorena 001 terbilang modern di tahunnya.

Ini karena penggunaan front fascia cembung yang kemudian jadi trend di era 80-an. Di saat itu, bus bermuka cembung dengan kesan streamline memang merebak. Inspirasinya dari tampilan-tampilan pesawat terbang.

Untuk akses penumpang, Lorena 001 memiliki pintu di bagian tengah dan belakang. Bukan di bagian depan, ini karena overhang depannya terbilang pendek.

Yang menarik, grafis dengan kelir hijau-kuning-oranye yang dipakai di Lorena 001 tetap bertahan hingga bus-bus modern Lorena saat ini. Termasuk bus tingkat dari anak perusahaan mereka, PO Karina.

Dahulu, Lorena 001 bertugas mengantar penumpang dari Bogor ke Jakarta. Tapi saat ini, tentu sudah pensiun. Namun Lorena 001 tetap dipertahankan kondisinya dengan baik dan tersimpan di garasi Lorena di Tajur-Bogor.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait