Scania Mulai Uji Bus Listrik Otonom Tahun DepanĀ 

Ada dua unit bus listrik Otonom Scania Citywide LF yang akan diuji coba melalui pengoperasikan di jalan raya yang sebenarnya di Kota Stockholm.
 

Pabrikan bus asal Swedia, Scania, dijadwalkan akan mulai melakukan pengetesan bus listrik otonom mulai tahun depan. Ujicoba bus listrik tanpa pengemudi ini akan dilakukan bekerja sama dengan perusahaan bus Nobina.

Ada dua unit bus listrik Otonom SCania Citywide LF yang akan diuji coba melalui pengoperasikan di jalan raya yang sebenarnya di Kota Stockholm.

Selama ujicoba bus akan melayani rute dari kawasan pemukiman Barkarby, sekitar 20 kilometer dari pusat kota Stockholm dan akan melintasi kawasan stasiun terdekat sejauh 5 kilometer.

Selama ujicoba awal, bus akan dijalankan dalam kondisi kosong alias tanpa penumpang dan hanya akan diawasi oleh satu orang pengemudi di dalam kabin bus.

Seperti dilansir situs Electrive.com, Jumat (22/2/2019), selama fase ujicoba ini semua data akan dikumpulkan, misalnya seperti rata rata kecepatan bus, ketepatan waktu perjalanan, performa, deviasi yang muncul serta tingkat kepuasan penumpang.

Bus direncanakan akan dioperasikan tanpa pengemudi untuk jarak sejauh 1 kilometer. Saat memasuki fase kedua ujicoba, bus akan diisi dengan 300 penumpang dan akan melayani kebutuhan transportasi layaknya bus konvensional.

Bus akan berhenti di 4 titik pemberhentian dalam setiap sekali jarak tempuh di rute yang dilintasinya. Scania dan Nobina akan saling bekerja sama untuk mengatur trafik lalu lintas selama fase ujicoba bus listrik otonom ini.

Bus CityWide LF electric merupakan tipe bus kota dari Scania dengan panjang bodi mencapai 12 meter dan mampu mengangkut 80 penumpang.