Tengok Gagahnya Bus Baru Asal Brasil, Marcopolo Generation 8

Tengok Gagahnya Bus Baru Asal Brasil, Marcopolo Generation 8
Karoseri asal Brasil tersebut menghadirkan produk baru berjuluk Marcopolo G8 atau Generation 8.
 

Ingat nama bus Marcopolo? Di tahun 2010-an, bodi Marcopolo kerap jadi inspirasi di Indonesia, terutama lewat lampu LED dengan kombinasi proyektor yang tampak canggih.

Kabar terbarunya pada pekan ini, karoseri asal Brasil tersebut menghadirkan produk baru berjuluk Marcopolo G8 atau Generation 8. Bus ini dibangun dari sasis tipe tronton yang memiliki panjang hingga 15 meter.

Ada dua jenis dek yang tersedia pada Marcopolo G8, yakni high deck tunggal Vaggio serta double decker berjuluk Paradiso. Kedua bodi tersebut dirancang untuk kebutuhan intercity coach atau bus antarkota.

Marcopolo G8 Vaggio

“Kami berusaha membawa bus sedekat mungkin dengan konsep otomotif dalam standardisasi proses manufaktur dan perakitan. Hasilnya adalah bus yang berfokus pada kualitas," ucap Luciano Resner, Director of Industrial Operations Marcopolo.

Dari sisi eksteriornya, Marcopolo G8 menampilkan sosok gagah lewat penggunaan headlamp LED bersudut tajam. Serta lekuk tampilan depan yang aerodinamis. Serta bentuk 'selendang' dan lekuk kaca bagian depan yang seolah menyatu dengan pintu depannya.

Berbeda dengan trend di Indonesia yang mengandalkan kaca tumpuk model ganda, maka di Marcopolo G8 Vaggio tetap setia memakai single glass. Pun demikian dengan versi double decker Paradiso. Panel 'topi' pada bagian depan dibuat berwarna hitam seolah menyatu dengan kacanya.

Interior bus tampak nyaman

Di dalam kabin, kenyamanan penumpang didukung dengan kursi model semi-bucket yang dilengkapi leg rest, foot rest dan arm rest. Serta adanya USB port juga fitur hiburan berupa layar LCD di tiap jok.

Ada pula fitur Marcopolo Biosafe, sebuah platform yang dirancang untuk membuat transportasi umum lebih aman dari kontaminasi virus dan bakteri. Peranti lain yang tersemat antara lain disinfektan di toilet dan AC menggunakan sinar UV-C, juga tirai antimikroba.