Tengok Uniknya Irizar ie Tram, Bus Listrik Dari Spanyol

Tengok Uniknya Irizar ie Tram, Bus Listrik Dari Spanyol
Kendaraan sepanjang 12 meter ini memiliki 3 pintu dan 22 kursi untuk penumpang. Digerakkan oleh motor listrik dengan daya hingga 180 kW yang ditenagai oleh baterai lithium-ion.
 

Sepanjang 17-20 Juli ini, warga kota Vitoria-Gasteiz di Spanyol dikenalkan pada armada anyar untuk layananan bus dalam kota mereka, BEI. Bus tersebut adalah Irizar ie Tram yang diproduksi di Spanyol.

Dari sisi tampilan, bus ini terbilang unik. Karena menampilkan sosok lonjong dan mirip kapsul, bukan serbakotak seperti bus pada umumnya. Selain itu, bagian bannya juga tertutup panel, bukan model terbuka.

Kendaraan sepanjang 12 meter ini memiliki 3 pintu dan 22 kursi untuk penumpang. Bus ini digerakkan oleh motor listrik dengan daya hingga 180 kW yang ditenagai oleh baterai lithium-ion. Baterai ini juga dikembangkan dan diproduksi oleh Irizar e-mobilitas di fasilitas mereka di Aduna, Gipuzkoa.

Secara operasional, baterai Irizar ie Tram mampu terisi dalam 4 menit menggunakan stasiun pengisian ultra-cepat. Pantograf, yang telah dipasang, akan digunakan untuk pengisian kendaraan yang ultra-cepat di halte Mendizorrotza dan Boulevard.

Pada malam hari, bus akan melakukan pengisian baterai secara normal di Unit Pengisian Fungsional yang terletak di depo BEI. Seluruh infrastruktur pengisian daya juga telah dikembangkan dan dipasok oleh Irizar Group.

Rencananya Irizar ie Tram akan beroperasi secara penuh di pertengahan tahun 2021. Saat ini ada 13 bus yang disiapkan dalam sesi uji coba tanpa penumpang dengan rute Tuvisa Line 2 di kota Vitoria-Gasteiz.