Ternyata Ini Wujud Utuh Scania K410CB Tentrem di GIIAS 2023

Ternyata Ini Wujud Utuh Scania K410CB Tentrem di GIIAS 2023
Bawa ciri kepulauan Indonesia
 

Lima produk karoseri Tentrem sudah resmi mejeng di panggung GIIAS 2023. Tim bus-truck.id yang blusukan ke arena pemeran otomotif tersebut, malam ini (9/8) berhasil mengabadikan lima bus kreasi perusahaan asal Malang, Jawa Timur tersebut. 

Kelimanya ialah dua unit Grand Captain berbasis Volvo B11R (Avante H9) dan Volvo B8R (Avante H8 facelift), dua unit Hino RM280 yang juga digenapkan bodi bus Avante H8 facelift. Serta satu unit double decker Avante D2 facelift menggunakan sasis Scania K410CB 6x2*4.

Model terakhir diyakini jadi bus Tentrem berdimensi paling besar yang disandingkan dengan stiker pulau terbesar di Indonesia, Papua. "Konsep (stiker) ini dari internal kita semua mas. Jadi tahun ini kita bawa 5 unit dan sengaja kita branding lima kepulauan besar yang ada di Indonesia," terang Nugroho selaku tim marketing Tentrem kepada Bus-Truck.id.  

Scania K410CB-6×2*4 yang dibenamkan bodi Avante D2 facelift ini nampak begitu menggoda. Eksteriornya mengusung semarak kemerdekaan kombinasi warna merah-putih. Fascia bus ini modern dengan pasokan headlamp LED berpadu dengan sentuhan minor pada desain spion yang terintegrasi sein. Facelift juga berlanjut pada bagian sisi menampilkan selendang bergaya "L" rebah berpadu manis dengan desain kaca bagian sleeper bagian bawah.   

Penggunaan sasis Scania K410CB-6×2*4 juga terbilang tepat lantaran sasis ini didesain untuk transportasi publik dengan panjang 13,5 meter. Mesin yang digunakan juga diklaim ramah lingkungan, dan dapat menggunakan bahan bakar hingga B100 Biodiesel dengan kapasitas 13.000 cc, sehingga konsumsi bahan bakarnya pun rendah. Juga sudah disematkan teknologi SCR.

Jantung Scania K410CB ini menggunakan transmisi Opticruise yang membuat manuver membelok serta berbagai gerakan bus di jalan semakin lembut. Saat harus mengubah kecepatan pun perpindahan giginya akan terasa lebih halus. Selain itu bus ini dilengkapi dengan Scania Fleet Management (FMS), sistem monitor real time, yang bisa diakses di situs Scania ataupun aplikasi mobile. Selain tambahan "Scania Driver Support" yang memberi saran pada pengemudi agar bisa mengemudi lebih aman dan efisien. 

Grand Captain Volvo B11R tampil modern

Kami juga mendapati sosok Grand Captain Avante H9 berbasis Volvo B11R berhias stiker pulau Sumatera. Bus ini cukup eye catchy dengan kontras bodi warna biru dan merah. Dengan ovarhang panjang dan disain selendang berpola menyudut bikin tampilan bus ini makin modern. Terlebih nampak ada ubahan kaca bagian atas yang lebih rebah guna meningkatkan aerodinamitas.

"Jadi dengan adanya pameran otomotif berskala internasional ini kami berusaha memperkenalkan diri dengan segala teknologi dan innovasi yang kami punya," tukas Nugroho. So...buat yang penasaran, Tentrem hadir menempati Hall 2C GIIAS 2023.