Ford 100 ’55 Expendables, Pikap Bintang Layar Lebar

 Ford 100 ’55 Expendables, Pikap Bintang Layar Lebar
Pikap F100 ini alami modifikasi berat untuk memperbaiki pengendalian di jalan raya dan pantas menjadi tunggangan Stallone di film Expendables
 

Pikap bagi orang Amerika merupakan bagian dari gaya hidup dan bahkan hadir melampaui kodratnya sebagai kendaraan angkut. Salah satunya dengan hadirnya pikap berperforma tinggi dan berbagai modifikasi untuk dongkrak kemampuan sebuah pikap, seperti  yang dilakukan pada Ford F100 lainsiran tahun 1955 yang digunakan pada film Expendables.

Dalam proses modifikasinya pikap besutan Sylvester Stallone di film laris ini dipercayakan pada West Coast Custom (WCC) yang diasuh oleh Ryan Friedlinghaus yang bermarkas di Burbank, California.

Dalam melakukan modifikasi, WCC pun melakukan rombakan radikal mulai dari mesin, transmisi, sasis dan juga suspensi agar mobil ini memiliki handling yang cukup baik di atas aspal.

Mesin V8 347 cu.in (5.686 cc) racikan ATK mampu memuntahkan daya 426 hp, karena perangkat hi performance lansiran Edelbrock untuk blok dan karburatornya.

Sasis bawaan asli F100 pun diacak-acak, salah satunya adalah merevisi sistem suspensi depan dari model per daun menjadi sistem independen dengan coil over shock, sedangkan pada bagian belakang, perangkat suspensi per daun pun dilengserkan dan diganti perkeong pada gardan solid axle dengan sistem suspensi 4 links.

Dengan rombakan ini, pikap ini pun jadi lebih rendah dari sebelumnya.

Sedangkan untuk bagian bodi, perombakan struktur paling nampak pada bagian kabin yang dipangkas ketinggian atapnya (chop top) sepanjang 12 cm. Sementara bagian bak belakangnya pun menyesuaikan dengan gubahan sasis dengan lantai yang lebih tinggi.

Agar penampilan kiat menarik, maka pelek lansiran Asanti berukuran 20 inci (depan) dan 22 inci (belakang) yang dicat ulang dengan warna hitam pun jadi andalan. Pelek alloy itu pun kemudian dibalut dengan ban lansiran General Tyre.

Untuk keperluan properti film yang dilansir pada 2011 silam ini, setidaknya WCC menyediakan 4 mobil selama pengambilan gambar