Honda Bikin Pikap Tanpa Sopir

Honda Bikin Pikap Tanpa Sopir
Bisa jadi alternatif kendaraan kerja yang multifungsi
 

Pabrikan Honda telah menetapkan bahwa tahun 2040 tidak ada lagi mobil baru Honda yang memakai bahan bakar konvensional sekaligus mengadopsi teknologi tercanggih yang ada. Sejurus kemudian di tahun 2018, dilansirlah Honda AWV (Autonomous Work Vehicle), kendaraan kerja yang mumpuni yang dapat digunakan di berbagai lingkungan kerja. Setahun silam, kendaraan masa depan ini menjalani tes penuhnya di Amerika Serikat.

Honda AWV menggunakan serangkaian sensor untuk beroperasi secara mandiri, menggunakan GPS untuk lokasi, radar dan sonar untuk deteksi rintangan dan kamera stereoskopik (3D) untuk pemantauan jarak jauh. Kendaraan juga dapat dioperasikan dengan remote control.

Untuk saat ini pihak Honda mengklaim jangkauannya hanya 28 mil atau sekitar 44,8 kilometer. Waktu isi ulang juga masih terbilang lama yaitu sekitar enam jam dengan menggunakan koneksi rumah tangga biasa. Namun daya angkutnya termasuk lumayan, sekitar 360 kilogram.

Dalam merancang AWV Honda berklaborasi dengan Black & Veatch yang merupakan perusahaan rekayasa teknologi asal Kansas Amerika Serikat. Secara singkat pihak Honda memberikan beragam protokol operasional dan keselamatan dari sebuah kendaraan hasil pengembangan Honda sendiri.

Sementara itu pihak Black & Veatch memberikan dukungan rekayasa teknologi mutakhir yang tepat guna dalam beragbai kegiatan kerja yang nantinya akan membantu meningkatkan kemampuan Honda AWV.

Honda AWV ini memang robot namun dimensinya serupa pikap kecil tanpa kabin pengemudi. Panjangnya sekitar 2,9 meter, tinggi 1,4 meter, dan lebarnya 1,2 meter. Bobot kosongnya 721 kilogram. Radius putarnya 3,9 meter.  Meski belum ada rencana rilisnya di pasaran, namun banyak diperkirakan kalau AWV tidak sampai 5 tahun lagi sudah meluncur ke pembeli umum.