Kia K2700, Pikap Dengan Seatbelt Paling Aman

18 March 2020
Suryo S
 
Kia merupakan sedikit dari pikap di kelasnya yang menggunakan jenis seatbelt ELR
 

Keselamatan berkendara merupakan hal yang mutlak adanya. Seatbelt adalah salah satu ujung tombak dalam faktor keselamatan pada sebuah kendaraan. Sayangnya pada kendaraan komersial, hal ini masih belum menjadi perhatian di Indonesia.

Kendati sudah menyematkan sabuk pengaman, namun pada umumnya jenis yang digunakan masih menggunakan tipe seatbelt yang masih harus disetel secara manual dan belum menggunakan jenis otomatis yang dilengkapi dengan pre-tensioner.

Tetapi hal berbeda ketika berada di kabin Kia K2700 'Big Up'. Seatbelt yang digunakannya sudah menggunakan sistem ELR (Emergency Locking Retractor), seperti pada mobil penumpang pada umumnya.

“Seatbelt dengan mekanikal ELR, bukan menjadi opsi pada unit kami. Namun jadi standar yang digunakan pada unit K2700 di manapun unit tersebut dijajakan,” terang Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head, PT Kreta Indo Artha (KIA) saat ditemui beberapa waktu silam. “Ini merupakan komitmen Kia dalam memberikan pelayanan, terutama keselamatan pada penggunanya,” sambungnya.

Sabuk pengaman ELR ini dikatakan lebih aman daripada sabuk pengaman manual, karena bisa mengunci secara otomatis sesuai dengan tekanan berat yang didapatkannya apabila terjadi entakan. Dengan demikian dapat menahan tubuh lebih baik sekaligus memperkecil terjadinya patah pada tulang selangka. Juga lebih nyaman, karena mampu menyesuaikan panjangnya dengan tubuh penggunanya.

Bagi yang masih pakai seatbelt manual, kapan beralih dengan sistem seperti ini?

Kia K2700 di GIICOMVEC 2020 

 

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait