MAN Truck & Bus Uji Coba Truk Platooning di Rute Munich-Nuremberg

15 February 2018
ZCH1708
 
Beberapa truk sekaligus berjalan bersama-sama secara berseri di ruas tol mengangkut barang-barang logistik di rute Munich dan Nuremberg.
 

MAN Truck & Bus bersama-sama perusahaan logistik DB Schenker menggelar uji coba penerapan truk platooning, yakni beberapa truk sekaligus berjalan bersama-sama secara berseri  di ruas tol mengangkut barang-barang logistik di rute Munich dan Nuremberg.

"Penerapan teknologi autonomous dan networking driving benar-benar akan mengubah cara pengangkutan barang di jalan raya. Project kerjasama ini akan difokuskan pada penerapan teknologi platooning untuk pertama kalinya untuk  kegiatan operasional logistik sehari-hari. Kami sangat excited, mulai hari ini kami bisa mengintegrasikan armada ke dalam operasional test run," kata CEO DB SChenker, Ewald Kaiser, Selasa (13/2/2018) dikutip Post And Parcel.

DR Frederik Zohm, anggota Dewan Manajemen Riset dan Pengembangan MAN Truck & Bus AG menyatakan, sebelumnya pihaknya telah membuktikan penerapan teknologi platooning dalam sejumlah project, misalnya di ajang European Truck Platooning Challenge 2016.

"Dan mengadaptasikan teknologi ini dalam kondisi yang sebenarnya dalam operasional bisnis perusahaan logistik merupakan tantangan tersendiri yang saat ini kita lakukan," ungkapnya.

Ujicoba truk platooning di rute Munich dan Nuremberg, Jerman.

Untuk ujicoba truk platooning ini, MAN Truck & Bus dan DB Schenker juga menggandeng pihak ketiga, yakni Hochschule Fresenius. Uji coba truk platooning MAN ini akan dijalankan selama beberapa bulan ke depan di ruas jalan tol jalur A9 antara Munich dan Nuremberg.

"Melalui ujicoba truk platooning ini kami ingin melihat impact teknologi baru bagi pengemudi truk kami. Studi ini difokuskan pada pengujian  neurophysical dan psychological level. Hasil pengujian interface antara manusia dan teknologi ini akan kami gunakan sebagai masukan untuk mengembangkan teknologi ini lebih lanjut," imbuhnya.

Pada tahap tes awal truk platooning ini, masing-masing truk tidak akan diberi muatan untuk mengetahui kondisi lalu lintas sekaligus melatih para sopir yang terlibat dalam project ini tentang teknik mengemudikannya.

Para sopir juga akan menerima sejumlah pelatihan, baik teori maupun praktik menggunakan driving simulator. Jika fase pelatihan ini selesai dilakukan, sopir akan langsung menjalani uji coba mengemudi truk platooning. Mereka akan langsung bergabung dalam kegiatan operasional harian truk cargo dan logistik DB Schenker.

Truk platooning DB Schenker bersama MAN ini berjalan 3 kali sehari dari pusat logistik DB Schenker di Munich dan Nuremberg.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait