Seperti Ini Sangarnya Water Cannon Pindad, Musuh Si Perusuh

Seperti Ini Sangarnya Water Cannon Pindad, Musuh Si Perusuh
Meski terlihat gambot, namun total personel yang bisa tertampung hanya 4 orang, termasuk supir. Karena dibangun dengan bodi baja antipeluru ditambah 2 meriam air, membuat total bobot mencapai 16 ton.
 

Tak jarang ajang demo berujung rusuh. Hal ini biasanya saat disusupi provokator. Saat itu, giliran kendaraan water cannon milik unit Sabhara di Kepolisian ini yang bertugas. Penasaran speknya? Yuk, tengok.

Water cannon yang kami lihat beberapa waktu lalu merupakan buatan PT Pindad. Dimensinya setara truk heavy duty, yakni panjang 7.740 mm, lebar 2.500 mm dan tinggi 3.000 mm. Ground clearancenya 350 mm.

Turning radiusnya terbilang jauh, yakni 21 meter. Penggunaan bannya bertipe all terrain run flat tyre dengan ukuran 14.00 x 20-22.

Meski terlihat gambot, namun total personel yang bisa tertampung hanya empat orang, itu pun termasuk supir. Karena dibangun dengan bodi baja antipeluru ditambah dua meriam air, membuat total bobotnya mencapai 16 ton!

Untuk menggerakkan truk ini, mesin diesel turbo Cummins ISBe 270 BS-III yang bertenaga 270 PS menjadi andalan. Water cannon ini dilengkapi penggerak 4x4 dengan transmisi manual Tata TC 2500. Diklaim, kendaraan ini mampu memiliki top speed hingga 80 km/jam.