Mercedes-Benz Sprinter 2023

Mercedes-Benz Sprinter 2023
Semakin bisa lintasi jalur lintas alam
 

Sprinter merupakan salah satu produk unggulan dari pabrikan Jerman ini. Van yang muncul perdana tahun 1995 ini kini sudah masuk ke generasi ketiga. Dikenal sebagai kendaraan yang lapang, ekonomis, serta punya durabilitas menadai untuyk kendaraan sekelasnya

Karena punya animo yang baik maka tahun depan sudah dipastikan kalau Sprinter akan punya varian baru yang diklaim bisa melaju di kontur jalan off-road ringan. Ya, tahun 2023 ada varia yang punya spesifikasi All-Wheel Drive atau AWD. Didukung transmisi otomatis sembilan percepatan.

Hadirnya gerak empat roda akan membuat penggemar overland tidak perlu lagi berganti kendaraan saat harus piknik di lokasi yang tidak beraspal. Apalagi sistem transmisi 4Matic pada versi Sprinter kali ini adalah serupa yang terpasang di seri GLE dan GLS alias membuat Sprinter jadi kendaraan full-time all-wheel-drive.

Lebih istimewa lagi, sistem all-wheel-drive ini secara konstan membuat variasi pembagian torsi ke gardan depan atau belakang, lalu mendistribusikan sebanyak 100 persen daya penggerak ke salah satu set roda, tergantung pada traksi yang tersedia.

Sistem gerak roda baru ini bisa membuat van ini cukup mudah diajak melintasi kontur jalan berlumpur. Termasuk jika jalannya punya sudut kemiringan yang tak lazim buat dilintasi mobil non SUV maupun jip.

Sebelum versi 2023, Sprinter punya pilihan mesin bensin 2.000 cc turbocharged I-4, 3.000 cc turbodiesel V-6, dan 2.000 cc turbodiesel I-4. Kali ini hanya tersedia 2.000 cc turbodiesel I-4 dengan kode mesin OM654. Ada dua varian mesin yang hanya dibedakan berdasarkan potensi tenaga yang dikeluarkan; ada yang 170 daya kuda  dan 211 daya kuda.

Meski tampil dengan identitas baru sebagai kendaraan ‘kerja keras’ namun sebagaimana biasanya Mercedes-Benz, unsur luks tak terlupakan. Sebut saja, lingkar setir yang bisa disesuaikan postur pengemudi, semua kontrol multifungsi yang bisa dioperasikan dene\gan sentuhan jari, semua jok khas Mercedes-Benz yang nyaman, sampai pengatur suhu kabin otomatis.

Ada fitur keselamatan standar seperti sensor pantau blind spot sampai belasan meter seputaran mobil. Belum lagi ada kamera buat mundur yang bisa pantau area 360 derajat.

Ada versi buat angkut barang saja