Hino Indonesia Donasikan 11 Unit Cutting Model Transmisi MX06S ke Lembaga Pelatihan dan SMK di Jakarta dan Tangerang

Hino Indonesia Donasikan 11 Unit  Cutting Model Transmisi MX06S ke Lembaga Pelatihan dan SMK di Jakarta dan Tangerang
CSR berupa donasi 11 unit Cutting Model Transmisi MX06S, diharapkan bisa menunjang proses belajar-mengajar di beberapa pusat pelatihan dan sekolah kejuruan.
 

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) melanjutkan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dengan menyerahkan donasi berupa 11 unit Cutting Model Transmisi MX06S berikut stand kepada sejumlah lembaga pelatihan dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jabodetabek.

Ke-11 unit Cutting Model Transmisi MX06S tersebut didonasikan ke Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri (PPKPI) Pasar Rebo, Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Tangerang dan 8 SMK di Jakarta dan Tangerang yang terdiri dari SMKN 4 Kota Tangerang, SMKN 2 Kota Tangerang, SMKN 8 Kota Tangerang, SMK Yappika Legok, SMKN 52 Jakarta, SMKN 35 Jakarta, SMKN 4 Jakarta, SMKN 5 Jakarta dan SMK Muhammadiyah 2 Cileungsi.

Cutting Model Transmisi MX06S yang didonasikan ini telah dikonversikan menjadi simulator untuk menunjang proses belajar mengajar di pusat pelatihan dan sekolah.

Kesebelas komponen simulator tersebut diserahkan secara simbolis oleh Presiden Direktur HMSI Hiroo Kanayoki kepada Kepala PPKPI Pasar Rebo, Kepala BLK Kota Tangerang dan Kepala Sekolah dari SMK di Jakarta dan Tangerang bersamaan dengan acara pembukaan CS Contest 2016 di Pusat Pelayanan dan Suku Cadang HMSI di Jatake, Tangerang, Rabu (16/11).

Hiroo Kanayoni berharap kontribusi Hino Indonesia ini dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk semakin mendekatkan teori dalam materi pendidikan otomotif dengan praktek nyata di dunia industri. "Dengan adanya komponen simulator ini, diharapkan pembelajaran mengenai transmisi menjadi menarik sehingga siswa dapat memahami secara aktual mengenai sistem kerja transmisi truk," ungkapnya. 

Fakta menunjukkan, saat ini baru sebagian kecil SMK yang mengajarkan pengetahuan mengenai truk dan mesin diesel secara mendalam.

Sedangkan industri otomotif yang bergerak dalam bidang produksi, penjualan dan pelayanan purna jual truk dan mesin diesel memerlukan tenaga kerja yang andal dan siap kerja.

Menurutnya, kondisi demikian memunculkan terdapat kesenjangan antara keterampilan lulusan siswa jurusan otomotif yang tersedia dengan kebutuhan industri otomotif. Hino Indonesia berusaha menjebatani kesenjangan tersebut melalui kegiatan donasi Cutting Model Transmisi MX06S. 

Pada 2015, Hino Indonesia pernah melaksanakan kegiatan CSR dengan PPKPI Pasar Rebo melalui donasi 1 unit mesin W40D sebagai simulator pembelajaran dan menggelar Pelatihan untuk Pelatih dan Pelatihan bagi Pengemudi dan Mekanik.

Hino Technician Management Trainee (HTMT) ini dilaksanakan secara berkala untuk melatih siswa lulusan SMK yang terpilih agar memiliki kompetensi dalam melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan Hino. Hino Indonesia juga pernah mendonasikan komponen simulator kepada Institut Teknologi Bandung (ITB) serta SMK-SMK lainnya di Kabupaten Purwakarta.