TransJakarta: Uji Coba Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta

TransJakarta: Uji Coba Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta
Sekarang tarifnya Rp3.500, nanti akan jadi Rp5.000
 

Kini bertambah lagi pilihan untuk menuju bandara internasional Soekarno-Hatta dengan realisasi bus TransJakarta rute terminal Kalideres-bandara Soekarno-Hatta. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengharapkan tarif sementara TransJakarta (TJ) rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta) mulai akhir April 2024 sudah berlaku sebesar Rp3.500.

"Kita harapkan akhir April ini bisa ditetapkan. Tentu dalam waktu dekat, akan kami tetapkan bersama Pak Dirut TJ, sehingga jadi permanen rute itu dengan tarif sementara Rp3.500," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, saat dikonfirmasi di Jakarta pekan ini (18/4).

Syafrin menjelaskan, tarif tersebut berlaku sambil menunggu penetapan tarif resmi yang hingga saat ini masih dalam pembahasan bersama DPRD DKI Jakarta. Adapun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mengusulkan besaran tarif TransJakarta rute Kalideres-Bandara Soetta sebesar Rp5.000.

Menurutnya, tarif sementara Rp3.500 yang diberlakukan akhir April ini tidak perlu dibahas di DPRD. Lebih lanjut, Syafrin menyebut pihaknya nantinya bersama TransJakarta akan menyosialisasikan tarif baru tersebut kepada masyarakat.

"Sosialisasi seminggu, minggu depan sudah dioperasikan dengan tarif berbayar, setelah itu paralel diusulkan dengan tarif yang Rp5.000," ucap Syafrin, seperti dikutip dari Antara.

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) masih menunggu keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta soal tarif rute Terminal Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta). "Saat ini kami masih menunggu ketetapan tarifnya dari Pemprov DKI," kata Direktur Utama PT TransJakarta, Welfizon Yuza , sebelumnya.

Saat ini, kata Welfizon, pihak Pemprov DKI Jakarta masih membahas soal besaran tarif tersebut. Sebagai perseroan daerah, tentu TransJakarta menunggu arahan dan keputusan dari Pemprov DKI Jakarta.

Meskipun tarif TransJakarta rute Kalideres-Soetta belum ditetapkan, uji coba tersebut masih terus dilakukan. Masyarakat masih bisa menggunakan angkutan umum tersebut secara gratis.

Pemrov DKI setuju tarif Rp5.000 bus TransJakarta Kalideres-bandara Soekarno-Hatta

 

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyetujui tarif TransJakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta sebesar Rp5.000 dengan jarak tempuh 8,6 kilometer.

"Iya setuju, Dinas Perhubungan DKI juga sudah melapor," kata Heru tahun lalu (11/8). "Sesuai aturan kita minta izin DPRD apakah bisa disetujui atau tidak," tambahnya. Dan saat dihubungi terpisah waktu itu, anggota DPRD DKI M Taufik Zoelkifli, menyetujui adanya perubahan tarif yang semula dari Rp3.500 menjadi Rp.5000.

"Penumpang yang menuju ke Soetta biasanya kalangan ekonomi menengah ke atas yang mampu beli tiket pesawat, jadi saya cenderung menyetujui usulan ini," ujar Taufik.

Menurut Taufik, kisaran tarif tersebut lantaran masih dalam batas normal bagi para penumpang rute tersebut. Pendapatnya waktu itu disampaikannya secara personal, terkait keputusan tentu menunggu rapat resmi antara pihak pemerintah provinsi DKI dengan DPRD DKI Jakarta.

 Hanya saja, dalam akhir keterangannya, Taufik meminta pemerintah tidak pukul rata menaikkan tarif Transjakarta rute lainnya yang bisa memberatkan masyarakat.

Sementara itu, Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) sebelumnya mengusulkan soal tarif layanan TransJakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soetta sebesar Rp5.000 per penumpang.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, tarif Rp5.000 ini merupakan nilai yang didapat setelah adanya pemotongan subsidi tiket PSO (Public Service Obligation). Jika tidak ada PSO, tarif yang dikenakan bisa Rp12.000.

Uji coba layanan TransJakarta rute Kalideres-Bandara Soetta masih berlanjut sambil membahas besaran tarif. Bedanya, jam operasional layanan tersebut ditambah. Jam operasional yang semula pukul 06.00-09.00 WIB menjadi pukul 05.30-09.05 WIB. Sedangkan sorenya pukul 18.00-21.00 WIB berubah menjadi pukul 16.30-21.05 WIB.

Baca juga: TransJakarta Kode BW : Patut Dicoba Di Liburan Lebaran

Baca juga: TransJakarta: Sudah Angkut 30,93 Juta Penumpang Sampai Januari 2024