Mercedes-Benz OM 471 Generasi Kedua, Semakin Canggih, Hemat Dan Ramah Lingkungan

Mercedes-Benz OM 471 Generasi Kedua, Semakin Canggih, Hemat Dan Ramah Lingkungan
Generasi terkini OM 471 memiliki rentang tenaga dan torsi yang luas, mampu memenuhi kebutuhan untuk heavy duty truck maupun bus
 

Mesin modern, sudah harus memadukan kebutuhan akan konsumsi bahan bakar yang hemat juga ramah bagi lingkungan. Sementara performanya pun harus lebih baik dibandingkan mesin sebelumnya.

Hal ini yang menjadi target Mercedes-Benz pada mesin OM 471. Berkapasitas 12.800 cc, mesin enam silinder segaris ini, menggunakan teknologi Common-rail, DOHC, turbo dengan gas buang asimetris, kontrol emisi dengan teknologi SCR, Exhaust Gas Recirculation, dan filter partikulat yang mendukung persyaratan emisi Euro 6.

Kali ini, Mercedes-Benz meluncurkan generasi selanjutnya dari OM 471, yang mengedepankan kualitas mesin. Konsumsi bahan bakarnya lebih hemat tiga persen, sementara performanya pun juga meningkat.  Torsi lebih besar di putaran rendah. Bahkan, ada lima output yang bisa dipilih konsumen dari mesin ini.

Varian output dasar yang menghasilkan 310, 330 dan 350 kW dilengkapi dengan tiga versi 'torsi tertinggi'. Saat mesin ini dipasang di truk, torsi tambahan 200 Nm di setiap gigi tertinggi dari transmisi otomatik Mercedes PowerShift 3 diaktifkan.

Strategi ini berdampak pada pengurangan frekuensi pergantian gigi dan peningkatan kecepatan transportasi tanpa berdampak negatif pada konsumsi bahan bakar. Hal ini semakin diperkuat pada mesin generasi kedua dengan peningkatan torsi yang dioptimalkan lebih lanjut pada kecepatan mesin yang sangat rendah.

Menjadi istimewa, karena performa maksimum tersebut hampir tersedia secara konstan pada rentang putaran mesin dari 1.450 hingga 1.800 rpm. Torsi maksimum juga tetap pada tingkat yang hampir konstan dari sekitar 900 hingga 1.450 rpm. Hasilnya adalah kemampuan berkendara yang sangat baik dengan rentang kecepatan mesin yang sangat luas dan dapat digunakan.

Melihat karakter mesinnya ini, OM 471 generasi terkini akan sesuai di berbagai keperluan, baik pada heavy duty truck, maupun pada bus.