Pabrik Mobil Diminta Partisipasi Produksi Alkes

Pabrik Mobil Diminta Partisipasi Produksi Alkes
Pabrikan otomotif diminta untuk membuat ventilator untuk alat bantu pernafasan
 

Alat kesehatan saat ini menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk Indonesia, terkait dengan pandemik covid-19 yang menghantam Indonesia saat ini. Salah satu alat yang dibutuhkan adalah ventilator atau alat bantu pernafasan.

Salah satu upaya untuk memproduksi ventilator ini adalah mendorong pabrikan otomotif khususnya mobil untuk membuat ventilator.

“Untuk pengadaan ventilator akan ada prototipe sederhana yang bisa diproduksi masal melalui kerjasama antara industri otomotif dan industri komponen,” terang Agus Gumiwang, Mentri Perindustrian dalam keterangan resminya.

Di sisi lain, pemerintah akan memberikan dukungan kepada pelaku industri agar bisa berproduksi, pemerintah telah menerbitkan stimulus ekonomi kedua berupa pembebasan sementara bea masuk bahan baku industri, kemudahan proses impor bahan baku dan jaminan ketersediaan pasokan pangan strategis

Kemenperin pun meminta kepada Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) untuk memproduksi masker dan alat pelindung diri (APD) seperti pakaian, caps, towel, sarung tangan, pelindung kaki, pelindung tangan serta kaca mata pelindung wajah.