Pertama Kalinya, Scania Pamerkan Citywide, Bus 100 Persen Listrik

Pertama Kalinya, Scania Pamerkan Citywide, Bus 100 Persen Listrik
Scania Citywide memiliki total panjang 12 meter. Untuk pengisian baterainya, pengemudi tinggal mengaktifkan modulnya melalui panel di bagian dasbor.
 

Untuk pertama kalinya Scania memamerkan bus produksinya yang 100 persen bertenaga listrik, Citywide LF. Bus ini pertama kali diperkenalkan kepad publik dan media di ajang pameran Busworld di Kortrijk, Belgia, baru-baru ini.

Citywide LF merupakan tipe bus kota bertenaga listrik yang proses pengisian baterainya dilakukan di setiap halte pemberhentian bus. Modul pengisian baterainya yang dinamakan OppCharge ditempatkan di bagian atap bus yang terhubung langsung ke terminal recharging listrik setiap kali bus ini berhenti di halte-halte yang sudah ditentukan.

Menurut rencana Scania akan melakukan ujicoba pengoperasikan bus Citywide LF ini dalam beberapa bulan ke depan di Eropa. Scania Citywide memiliki total panjang 12 meter. Untuk pengisian baterainya, pengemudi tinggal mengaktifkan modulnya melalui panel di bagian dasbor.

Scania sengaja memasang modul baterai berukuran kompak agar tidak memakan tempat yang mengakibatkan berkurangnya ruang kabin untuk penumpang.

Scania dijadwalkan mulai memasarkan Citywide LF tahun depan. Masih belum diketahui berapa harga jualnya. Pastinya, dengan Citywide LF, pabrikan di bawah grup Volkswagen ini siap bertarung di pasar bus listrik di berbagai kota besar di Eropa yang kini pasarnya mulai digarap serius oleh berbagai merek bus ternama.