Power Steering Berkontribusi Sebagai Dongkrak Faktor Keselamatan

Power Steering Berkontribusi Sebagai Dongkrak Faktor Keselamatan
Tidak langsung sebagai perangkat keselamatan, namun turut mendukung kinerja pengemudi secara optimal
 

Salah satu hal yang relatif pelit diberikan untuk kendaraan komersial adalah faktor kenyamanan. Walaupun dari waktu ke waktu selalu ada upaya untuk meningkatkannya.

Dalam ilmu defensive driving, kenyamanan merupakan salah satu bagian dari faktor keselamatan. Dengan kondisi yang lebih nyaman maka pengemudi akan lebih terjaga staminanya dan tidak lekas lelah. Salah satunya adalah kehadiran power steering.

“Power Steering bukan perangkat safety pada kendaraan, namun secara tidak langsung memberikan kontribusi untuk menjadi faktor keselamatan,” terang Catur Wibowo, Defensive Driving Trainer dari ORD Training Center.

“Kehadiran Power Steering meringankan kinerja fisik pengemudi, terlebih jika kendaraan berada di jalanan yang berbelok atau di dalam kota. Power Stering memberikan kontribusi positif untuk menjaga stamina pengemudi tetap terjaga prima,” terang pria yang akrab disapa Ninot ini. “Setidaknya, pengemudi dapat bekerja lebih optimal dalam 4 jam sebelum istirahat,” tutupnya.

Saat ini peranti peringan putaran setir itu telah menjadi standar pada hampir seluruh kendaraan komersial, baik berat maupun ringan. Hanya ada beberapa kendaraan saja yang kini menawarkannya sebagai sebuah opsi.