Renovasi Akses Terminal Muara Angke

06 September 2024
Erie W. Adji
 
Salah satu terminal vital di kawasan Jakarta Utara
 

Terminal di wilayah Jakarta Utara yang selama ini paling dikenal adalah terminal Tanjung Priok. Padahal ada satu lagi terminal resmi yang di bawah pengawsan Dishub Jakarta yaitu Terminal Muara Angke.

Terminal Muara Angke merupakan pangkalan dari moda transportasi, seperti Mikrotrans Jak.52 menuju Kalideres, angkot B01 menuju Grogol, angkot U11 menuju Muara Batu, dan TransJakarta koridor 12A Dermaga Kaliadem-Kota.

Selain melayani rute perjalanan bus kawasan Jakarta, Terminal Muara Angke juga melayani perjalanan antarkota antarprovinsi ke beberapa wilayah di Jawa Barat hingga Jawa Tengah, seperti Pekalongan, Cirebon, Brebes, Indramayu, Tegal, dan lainnya.

Namun kondisi dari terminal yang berada di wilayah Pluit, Kecamatan Penjaringan itu kerap digenangi rob. Hal itu dilematis karena memang lokasinya berada di area pelabuhan Sunda Kelapa yang juga salah satu pelabuhan vital yang biasa dimanfaatkan untuk bepergian ke kawasan Kepulauan Seribu dan wilayah lain di Sumatera.

Oleh karena itu Wakil Walikota Kota Admistrasi Jakarta Utara, Juaini, melakuka monitoring berkaitan dengan kegiatan pengerukan di sekitar kawasan terminal yang dilakukan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara pekan ini (3/9).

Pengerukan itu dilakukan terakit adanya berbagai laporan yang menyebutkan adanya genangan yang kerap muncul di sana. “Laporan tersebut berasal dari masyarakat yang masuk ke dalam kanal pengaduan Provinsi DKI Jakarta atau CRM. Adanya genangan saat hujan terjadi di pintu Terminal Bus Muara Angke, kata Juaini. Seperti dikutip dari RRI.co.id.

Upaya awal mengatasi masalah itu dilakukan dengan mengeruk saluran air yang berada di sekitar terminal. Dilakukan juga upaya “crossing

"Crossing saluran tersebut akan dibuat memotong Jalan Muara Angke. Nantinya saluran air di Terminal Bus Muara Angke akan terhubung langsung dengan saluran penghubung (PHB) Pelabuhan Muara Angke," ungkap Juaini lebih lanjut. 

Keberadaan Terminal Muara Angke sebagai pendukung Terminal Tanjung Priok yang lokasinya persis di depan Stasiun Tanjung Priok.

Terminal besar ini merupakan pangkalan dari berbagai jenis moda transportasi dengan rute yang banyak juga. Di sini terdapat pangkalan metromini, BRT Transjakarta, MikroTrans Jak Lingko, angkot, dan mikrolet.

Selain itu, Terminal Tanjung Priok juga melayani Bus AKAP dari Jakarta menuju beberapa tempat, seperti Bogor, Bandung, Balaraja, Rangkasbitung, Serang, Merak, Labuan, hingga Pulau Madura.

Baca juga: Terminal Bus Bulupitu Purwokerto Intensifkan Transaksi Digital

Baca juga: Terminal Cicaheum Bandung Tidak Akan Layani AKAP Lagi

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait