Scania Investasikan 12,4 Juta Dolar Kembangkan Baterai Sel untuk Truk dan Bus

Scania Investasikan 12,4 Juta Dolar Kembangkan Baterai Sel untuk Truk dan Bus
"Elektrifikasi akan menjadi kunci utama pengembangan moda transportasi yang bebas dari ketergantungan terhadap bahan bakar minyak."
 

Produsen truk Swedia, Scania, akan menginvestasikan dana senilai 10 juta euro atau sekitar 12,4 juta dolar AS untuk proyek pengembangan dan komersialisasi baterai untuk kendaraan komersial truk dan bus, bekerja sama dengan produsen baterai asal Swedia, Northvolt.

Kerjasama pengembangan dan produksi baterai untuk kendaraan komersial ini dijalankan di pabrik Northvolt Lab di Vaesteras, Swedia, sekaligus untuk mendukung project Northvolt di Skelleftea, Swedia.

Dalam keterangan pers resminya, Scania menyatakan, Swedia merupakan tempat yang tepat untuk pengembangan baterai sel, karena Swedia mampu menyediakan suplai bagi kebutuhan produksi baterai jenis ini dengan biaya efisien dan ramah lingkungan. Ke depan, baterai sel ini akan menjadi bagian dari pengembangan kendaraan listrik Scania.

"Elektrifikasi akan menjadi kunci utama pengembangan moda transportasi yang bebas dari ketergantungan terhadap bahan bakar minyak. Teknologi baterai sel yang saat ini ada harus dikembangkan lagi demi memenuhi kebutuhan sesuai spesifikasi truk dan bus yang dibutuhkan konsumen," ungkap Henrik Henriksson, Presiden dan CEO Scania.

Peter Carlsson, Co-Founder dan CEO Northvolt optimis kerjasama ini akan membuahkan hasil memuaskan ke depannya.

“Bekerja sama dengan Scania yang selama ini produk dan bisnisnya sudah terbukti kehandalannya, dikombinasikan dengan proses produksi inovatif dari kami, kami yakin kerjasama ini akan mampu menghasilkan baterai sel berkualitas tinggi dengan biaya produksi yang efisien untuk kebuyuhan pasar kendaraan komersial” kata Peter Carlsson.