Bos Adiputro Konfirmasi Kebenaran Soal Jetbus 5 Dan PO Pertama Yang Memakainya

Bos Adiputro Konfirmasi Kebenaran Soal Jetbus 5 Dan PO Pertama Yang Memakainya
Desain baru Jetbus 5 disebut sangat berbeda dari yang pernah dibayangkan sebelumnya
 

Sayonara Jetbus 3! Karoseri Adiputro kian pasti memasukan bodi bus tersebut ke program 'discontinued', sekaligus memperkenalkan suksesornya yakni Jetbus 5 di perhelatan GIIAS 2023. Hal ini dipertegas dengan bocoran foto dari para busmania yang berhasil menangkap iring-iringan Jetbus 5 tengah bergerak dari Malang menuju Jakarta. 

Beberapa kanal YouTube juga cekatan turut mengekspos video gamblang soal Jetbus 5 bergaya single glass itu. Disusul model medium class, juga versi shuttle melintas di ruas tol. Bahkan terakhir, model Jetbus 5 UHD siap menggenapi penampilan Adiputro di GIIAS 2023 (10-20/8). 

Fakta-fakta di atas membuat pihak Adiputro tak lagi bisa mengelak jika mereka akan segera lompat ke Jetbus 5 bukan memakai Jetbus 4. "Betul sekarang Jetbus 5" kata David Jethrokusumo lewat pesan singkat ke Bus-Truck.id (2/8). Penjabat Direktur Adiputro itu saat ini masih menyebutkan kalau dirinya masih berada di luar negeri.     

Sejurus kemudian ditambahkan oleh David bahwa tampilan Jetbus 5 itu sendiri tampilannya berubah secara revolusioner dibandingkan sosok Jetbus generasi sebelumnya. Selain itu ia juga menambahkan lagi,  "Ada sasis yang memang sudah siap untuk produksi Jetbus 5," ungkapnya. 

Kembali ke bocoran video, seluruh bus anyar berjubah Jetbus 5 nampak masih rahasia diselimuti stiker kamuflase. Namun pada unit medium bus Jetbus 5 terlihat detail baru berupa desain headlamp yang diposisikan menjadi dua bagian yang terpisah sebagaimana tren bus kekinian. Sementara area samping, secara tegas menyamarkan "selendang" dan tarikan garis pada kaca samping bagian depan hingga ke belakang. 

Hanya saja pada bagian buritan, detailnya masih belum kentara. Tampilan belakang bus secara utuh terlihat hanya menyisakan sedikit ruang pada lampu rem. 

Sedikit gambaran untuk bus single glass akan menampilkan posisi pilar A yang lebih 'rebah', dan lampu tambahan sebagai penanda tinggi bus yang biasa ditempatkan di atas kaca depan kini berpindah ke dalam kabin. Mengingatkan pola serupa yang sudah dibuat oleh bus-bus terbaru racikan karoseri Tentrem yang juga asal Malang. 

Nuansa modern yang dikejar dari bus ini juga makin mencuat dengan pasokan spion tanduk model baru berukuran lebih besar dibanding model sebelumnya dengan detail baru berupa lampu sein tambahan.

Lewat Jetbus 5, Adiputro hendak menyampaikan jika bodi bus baru ini memiliki karakteristik dibanding karoseri yang lain. Seperti dijabarkan Yemmy selaku Sales Marketing senior yang sudah mengabdi 12 tahun di Adiputro. "Perbedaan Jetbus 5 bisa kita lihat di Agustus ini ialah desain lampu yang berbeda jauh dari Jetbus sebelumnya terutama lampu depan dan belakang, juga interior yang berubah signifikan. Adapun PO Kencana Wungu akan menjadi PO pertama yang akan menggunakan Jetbus 5" kata Yemmy di kanal resmi YouTube PO Kencono Wungu. 

Baca juga : Apa Itu Sasis ‘Space Frame’

Baca juga : Neoplan, Bodi Bus Paling Nyaman Di Indonesia?