Bus Haryanto Ternyata Sampai Ke Bangladesh!

Bus Haryanto Ternyata Sampai Ke Bangladesh!
Bukan lagi soal menyontek bodi bus Legacy dari karoseri Laksana asal Indonesia yang banyak dilakukan oleh pembuat bodi bus di sana. Kali ini justru langsung menyontek livery bus PO Haryanto.
 

Dunia bus Indonesia bukan hanya menarik bagi penggemarnya di dalam negeri. Di luar negeri pun, industri kita kerap diikuti pecinta bus. Contohnya di Bangladesh.

Bukan lagi soal menyontek bodi bus Legacy dari karoseri Laksana asal Indonesia yang banyak dilakukan oleh pembuat bodi bus di sana. Kali ini justru langsung menyontek livery bus PO Haryanto yang berasal dari Kudus.

Yup, bus Haryanto yang ada di Bangladesh seperti disebutkan pada judul bukanlah unit dari Indonesia. Melainkan bus antarkota dari Papiya Transport di sana yang dicat menyerupai livery Haryanto. Yakni dengan dominasi warna putih berpadu grafis kelir ungu dan abu-abu.

Bukan hanya grafis, bahkan logo Menara Kudus yang jadi ciri khas armada  pun turut hadir pada bus ini. Tentu tak ada emblem Haryanto di sisi bus. Sebagai gantinya, tulisan dengan aksara lokal Bangladesh terpampang di bus itu.

Oleh PO Haryanto, grafis ini digunakan pada armada bernomor 059 dengan julukan Capolista. Aslinya, bus tersebut bersasis Hino RK260 dan memiliki trayek Cileungsi-Gemolong. Sedangkan dilihat dari fisiknya, 'versi' Bangladesh ini dibangun di sasis bus bermesin depan tanpa fasilitas tanpa AC dengan jendela penumpang bukaan geser.