Genap 25 Tahun, Google Pernah Sulap Bus Tingkat Jadi Pusat Pelatihan Digital

Genap 25 Tahun, Google Pernah Sulap Bus Tingkat Jadi Pusat Pelatihan Digital
Bidik usaha start-up
 

Selamat ulang tahun Google yang ke-25 tahun. Raja mesin pencarian di dunia maya ini pertama kali didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih berstatus mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford, Amerika Serikat. Kini produk dan jasa Google tersebar masif tak sekadar teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring, namun sempat menjelma menjadi sebuah bus 'amal'. 

Yups proyek bus 'amal' ini diinisiasi Google tahun 2017 dengan mengubah London Bus menjadi pusat pelatihan digital gratis untuk start-up. Saat itu Google mengumumkan siap melakukan perjalanan keliling ke 30 lokasi di Inggris dengan bus tingkat (double decker) yang sudah berubah kabinnya sekaligus menawarkan pelatihan keterampilan digital gratis kepada semua orang.

Bus ini dipakai untuk pelatihan keterampilan digital gratis kepada semua orang

Demi meluluskan misi tersebut, agenda bertajuk Google Digital Garage Bus dimulai dengan merombak bodi sang London bus dan beberapa kelengkapan kabin tambahan. Dari mulai eksterior, ciri khas London Bus yang berkelir merah dirombak total seutuhnya menjadi warna putih dengan sedikit aksen biru di fascia hingga terlihat kontras. Tak hanya itu, identitas Google Digital Garage melekat tegas di sisi bus bagian atas, plus tambahaan awning dengan kursi untuk bersantai.

Lantai pertama Google Digital Garage Bus dikemas compact dengan selasar lengkap dengan hiasan dinding. Ditambah 4 buah meja dan 8 kursi yang saling berhadapan plus sebuah TV layar datar yang memampang fitur-fitur Google seperti Google Trend, Analityc dan lainnya. Sementara naik ke atas, ada tambahan lebih banyak meja dan kursi untuk presentasi sekaligus membuat berbagai pelatihan digital. 

Isi kabin Google Digital Garage Bus

Google juga menawarkan pelatihan keterampilan digital tatap muka kepada wirausahawan yang melakukan pemesanan terlebih dahulu dan juga langsung. Pelatihannya berkisar dari tingkat pemula hingga menengah, dengan topik-topik seperti 'mengambil langkah pertama Anda secara online', 'cara membangun CV dan merek pribadi Anda secara online', dan 'strategi media sosial'.

Bekerja sama dengan Dewan Kota Sheffield, dan bagian dari inisiatif 'Digital Garage' Google, bus tersebut awalnya akan melakukan tur ke South Yorkshire. Berbagai langkah pemerataan juga diemban Google ke beberapa pelosok wilayah di Inggris yang tidak dapat mengakses layanan 4G. Tur Google Digital Garage Bus diharapkan mampu memberi manfaat dari revolusi digital, dan keterampilan digital untuk mengembangkan perekonomian saat ini.

Baca juga: Ini Tenaga Empat Sasis Bus ‘Tronton’ Paling Terkenal

Baca juga: Ternyata Ini Arti Nama Sasis Bus Mercedes-Benz OC 500 RF 2542