Ini Rasanya Mencoba Armada Baru PO Sinar Jaya, Rute Slawi-Jakarta

Ini Rasanya Mencoba Armada Baru PO Sinar Jaya, Rute Slawi-Jakarta
Bus tersebut berkelas Bisnis AC (Eksekutif non-toilet) dengan seat 2-2 untuk 43 penumpang.
 

Dengan harga tiket Rp 100 ribu, kami menjajal armada baru PO Sinar Jaya dari Slawi, Jawa Tengah ke Terminal Kampung Rambutan di Jakarta Timur pekan lalu.

Bus tersebut berkelas Bisnis AC (Eksekutif non-toilet) dengan seat 2-2 untuk 43 penumpang. Kami mendapat bangku nomor 5, atau sisi kiri baris ke-2 dari depan.

Ruang kaki cukup sempit, bahkan lutut kami mentok dengan seat depan

Leg room terbilang sempit untuk kami yang bertinggi badan 173 cm. Untungnya saat itu seat 6 di sebelah kami kosong, membuat ruang badan lebih lega.

Sebelum berjalan, agen bus mengumumkan jurusan dan himbauan untuk wajib memakai masker selama di bus. Serta tidak diperkenankan berhenti di tengah perjalanan.

Karena rutenya selain mengisi solar di pool Klampok dan RM Taman Selera di Cikamurang bus juga hanya berhenti di pool Sinar Jaya Cibitung dan Terminal Kp. Rambutan.

Ada hiburan dari TV LED

Pukul 19.34 bus berjalan dari Terminal Dukuh Salam, Slawi. Lampu kabin dimatikan dan hiburan video musik, mulai dangdut hingga pop diputar di TV LED yang ada di bagian depan.

Bus langsung ditujukan masuk gerbang tol Adiwerna tanpa melintasi kota Tegal. Selanjutnya bus keluar tol di Brebes Barat untuk isi solar dan cek penumpang di pool Klampok. Di sini penumpang berkesempatan buang air kecil di toilet pool.

Pukul 22.50, bus masuk RM Taman Selera, Cikamurang untuk servis makan. Namun di sini penumpang harus membayar makanan sendiri lho. Karena Sinar Jaya trayek pendek memang tak menyediakan servis makan gratis.

Harga makanannya bervariasi mulai 15-30 ribu dan sudah tercantum di papan. Kami menjajal makanan dengan menu nasi, sayur, telur dan minum teh manis hangat, totalnya hanya Rp 18 ribu.

Menu makanan yang kami coba, rasanya cukup enak

Oiya, di sini juga tersedia musholla dan toilet berbayar. Istirahat di RM Taman Selera, sekitar 30 menit kemudian jalan. Di sini ada beberapa penumpang operan bus lain yang melanjutkan ke bus kami yang berhenti di Cibitung dan Kampung Rambutan.

Suasana RM Taman Selera di Cikamurang

Perjalanan kembali dilanjutkan via tol Cipali dan pukul 01.00, bus keluar di Cibitung ke pool Sinar Jaya. Di sini hanya menurunan penumpang tanpa ada pengecekan.

Bus kembali diarahkan ke tol dan menuju ke Terminal Kampung Rambutan via JORR. Pukul 02.10 bus sampai di tujuan terakhir.

Meski pun memakai armada baru, bus Sinar Jaya ini tak menawarkan sesuatu yang berbeda dari layanan sebelumnya. Untungnya harga tiketnya tetap terjangkau.

Selain itu, kedatangan bus yang masih pagi di Jakarta membuat armada ini cocok dipilih oleh Anda yang ingin bepergian dari Slawi di malam hari dan masih harus beraktivitas esoknya.