Torsus Praetorian, Bus Segala Medan Untuk Daerah Konflik

 Torsus Praetorian, Bus Segala Medan Untuk Daerah Konflik
Bus segala medan ini berbasis sasis truk heavy duty lansiran MAN, dibuat untuk daerah dengan kontur permukaan yang ekstrem.
 

Kendaraan 4x4 menjadi sandaran utama transportasi terutama di daerah yang memiliki medan dan kontur permukaan yang ekstrem. Truk 4x4 menjadi hal yang lumrah ditemui, namun tidak demikian dengan bus 4x4. Namun bukan berarti tidak ada, salah satunya dihadirkan oleh Torsus, salah satu perusahaan karoseri asal Ceko.

Torsus Praetorian 4x4 dirancang untuk mampu mengangkut penumpang dari daerah-daerah yang tidak memiliki infrastruktur jalan yang baik. Bermacam medan seperti lumpur, batu, gurun ataupun di medan berselimut es menjadi habitatnya.

Pada dasarnya bus all terrain ini mengaryakan sasis truk heavy duty buatan MAN dengan mesin turbo diesel 6 silinder, 6.900 cc dengan daya 240 hp yang disokong oleh transmisi otomatik 12 percepatan bikinan ZF Jerman.

Dari penampilan bus ini cukup mencolok dengan empat ban Michelin XZL TL 395/85 R20 berprofil kasar yang memberikannya ground clearance mencapai 40 cm dan memungkinkannya untuk melintas air sedalam 70 cm.

Kemampuan off-roadnya pun kian jempolan dengan hadirnya differential lock yang dioperasikan secara pneumatik

Dalam spesifikasi standar, Praetorian mampu diisi dengan 35 orang penumpang termasuk pengemudi. Namun bisa juga hadir dalam permintaan khusus sebagai motorhome, kendaraan SAR ataupun untuk digunakan sebagai ambulans.

Bahkan ada juga yang menggunakannya untuk tugas khusus yang dilengkapi dengan ‘baju zirah’ alias perlengkapan lapis baja sehingga ada beberapa yang menggunakannya di wilayah konflik, salah satunya digunakan oleh pasukan penjaga perdamaian yang bertugas di wilayah konflik.