Begini Wujud 'Taksi' Gahar di Tanah Papua

Begini Wujud 'Taksi' Gahar di Tanah Papua
Didominasi pikap kabin ganda
 

Berminat mengunjungi tanah Papua, Anda akan dibuat terbelalak dengan beragam keunikan yang ditawarkan, salah satunya dari moda transportasi. Pengalaman ini sempat dirasakan tim bus-truck.id saat pulang kampung halaman ke Sorong, Papua Barat. Tujuannya bukan ke tempat wisata tersohor Raja Ampat melainkan ke Kota Seribu Sungai, Teminabuan, di Sorong Selatan. 

Mendarat di Bandara Edward Domine Osok (DEO), Sorong, perjalanan darat menuju Teminabuan harus ditempuh sejauh 170 km. Menariknya kami harus menyewa sebuah 'taksi' gahar yang rata-rata berwujud Big SUV atau mobil pikap kabin ganda. Pilihannya ada Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Mitsubishi Triton, Isuzu D-Max atau Toyota Hilux yang rata-rata sudah dimodifikasi kaki-kakinya.

Singkat cerita karena jumlah penumpang dan barang bawaan cukup banyak, pilihan jatuh pada sebuah Toyota Hilux lama bermesin 3.000cc turbodiesel. Saat itu saya di kabin depan, Om dan Tante di baris kedua. Sementara 3 orang sepupu menumpang di bak belakang beserta barang bawaan. Rute Sorong ke Teminabuan dengan kondisi medan jalan yang beragam umumnya bisa ditempuh dalam waktu 4-5 jam.

Toyota Hilux 3.000cc dengan lift-kit dan ban GT Radial Savero M/T ukuran 33x12,50 R15 (Momot)

Melintasi rute Sorong sampai Aimas kondisi jalan mulus mayoritas aspal dua lajur bisa digas dengan kecepatan menengah. Namun selepas Aimas - Klamono - Teminabuan, petualangan sesungguhnya dimulai. Jalan menyempit serta beberapa titik yang rusak, juga mendaki. Membuat tugas Hilux yang kami tumpangi menjadi harus ekstra hati-hati. Meski begitu Hilux berpenggerak 4x4 dibawah kemudi Noordin, pria asal Makasar mampu melahap beragam medan jalan dengan cekatan.

Noordin memang sudah melakukan modifikasi kaki-kaki Hilux ini seperti menambahkan lift kit dan memasok ban GT Radial Savero M/T ukuran 33x12,50 R15 yang bikin bantingan di kabin tetap empuk saat menerjang jalan berlubang. Tidak hanya itu mobil ini juga sudah memasang beberapa aksesori penunjang seperti winch, roof rack, bumper guard, juga terpal untuk melindungi barang bawaan di bak belakang saat hujan.

Medan jalan berlubang mudah ditaklukan pikap kabin ganda (Momot)

Lalu bagaimana dengan biayanya? Taksi pikap kabin ganda (Mitsubishi Triton, Toyota Hilux, Isuzu D-Max) rute Sorong - Teminabuan atau sebaliknya bisa disewa kisaran Rp 1,4 - 1,5 juta. Ada juga model Low MPV seperti Avanza dengan tarif sewa Rp 800 ribuan, meski tidak kami sarankan jika membawa muatan berlebih. Nah untuk yang bepergian sendiri bisa menumpang Damri dengan armada Toyota HiAce berbiaya Rp 175 ribu atau naik bus dengan tarif Rp 100 ribu.

Baca juga:CAT MineStar System Mulai Bidik Kendaraan Ringan di Pertambangan

Baca juga: Mungkin Segini Harga Toyota Rangga…