CAT MineStar System Mulai Bidik Kendaraan Ringan di Pertambangan

CAT MineStar System Mulai Bidik Kendaraan Ringan di Pertambangan
Memantau kondisi kendaraan dan driver saat bekerja
 

PT Trakindo Utama (Trakindo) kembali ambil bagian di ajang Mining Indonesia 2023 yang tengah berlangsung 13-16 September 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Penyedia alat berat Caterpillar (CAT) di Indonesia, secara berkelanjutan terus mendukung para pelaku industri dalam memberikan solusi untuk meningkatkan performa komoditas tambang. 

Langkah ini diwujudkan dengan menghadirkan CAT MineStar System sebagai suatu sistem terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi operasi pertambangan. Jika sebelumnya sistem ini hanya dipasangkan pada kendaraan alat berat, maka kini sudah membidik kendaraan ringan di area tambang salah satunya seperti disematkan pada Mitsubishi Triton putih yang mejeng di booth Trakindo.  

Router dan antena pada atap (Momot) 

"Cat MineStar membantu Anda mengelola segalanya, mulai dari pelacakan material hingga manajemen armada real-time yang canggih, sistem kesehatan alat berat, sistem peralatan otonom, dan lainnya," tulis keterangan resmi di situs www.cat.com/id_ID.html. Cat MineStar terdiri atas sejumlah rangkaian kemampuan yang dapat dikonfigurasikan sehingga memungkinkan untuk menskalakan sistem sesuai dengan kebutuhan lokasi tambang.

Pada Triton ini memang tidak nampak ubahan radikal pada bodi kecuali cover bak belakang, livery CAT, dan tambahan router serta antena di atap. Dua perangkat tambahan yang krusial justru disematkan di kabin berupa kamera serta satu buah monitor multi-fungsi. Aplikasi CAT MineStar System (Light Vehicle Solutions) berfokus pada 3 poin utama. 

Monitor pemantau kondisi sekitar area tambang (Momot) 

Pertama ialah terhubung ke fitur Mine Star Fleet yang memungkinkan survei lingkungan tambang secara aman, efiesien, dan efektif yang dapat diimpor langsung ke dalam  MineStar. Kedua ialah Wi-Fi Network Connectivity yang membantu jaringan internet tetap terjaga hingga ke seluruh area site agar tetap terpantau aplikasi MineStar Fleet/Health dari jarak jauh. Jadi tak hanya memantau opersaional mesin (alat berat) saja tapi sekaligus memantau kondisi kelaikan mesin tersebut tetap aman via sensor secara real-time. 

Kamera untuk mengawasi kondisi driver (Momot) 

Poin terakhir ialah MineStar Detect - Guardian 2. Fitur ini berkonfigurasi dengan kamera yang mengarah ke wajah driver untuk memantau Fatigue Management. Perluasan teknologi Fatigue Management ke kendaraan ringan (Triton) adalah langkah penting untuk menjaga semua personel tetap aman saat bekerja. 

Baca juga: Western Star, Truk Jagoan Di Tembagapura

Baca juga: Mercedes-Benz Semakin Agresif Di Sektor Tambang