Dikira Ford Ranger Baru, Ternyata Volkswagen Amarok

Dikira Ford Ranger Baru, Ternyata Volkswagen Amarok
Ford membuat Ranger dengan mandiri, setelah tidak bekerja sama dengan Mazda. Namun ternyata memberi peluang Volkswagen berbagi desain untuk Amarok 2022.
 

Setelah beberapa dekade bermitra dengan Ford, kemudian Mazda mengakhirinya dan membuat Ford lebih terbuka untuk mencari mitra lain untuk berbagi biaya pengembangan.

Di belahan dunia yang lain, insinyur di Jerman sudah berhasil membuat pikap double cabin yang bagus, Volkswagen Amarok. Namun pabrikan tersebut terseok-seok dengan pembiayaan untuk pengembangan pikap yang tidak selaris yang diharapkan.

Jadi. begitu Volkswagen memutuskan tidak akan mengembangkan Amarok generasi kedua sendiri, mereka mencari mitra usaha patungan.

Berdasarkan lansiran Drive.com.au, di sisi lain Ford dan Volkswagen bekerja sama dengan berbagi kendaraan komersial, seperti pikap dan van, serta teknologi listrik. Tujuannya, tentu agar bisa memangkas biaya.

Salah satu produk pertama dari kemitraan baru ini adalah Ford Ranger 2022/2023 Volkswagen Amarok. Begitu pun seperti Mazda BT-50 yang dibuat oleh Isuzu di jalur produksi Isuzu, Volkswagen Amarok generasi berikut ini, akan dibuat pada jalur produksi Ford.

 

Lantas bagaimana dengan produksi Ranger yang sudah berjalan di Thailand? Nampaknya masih akan tetap seperti sebelumnya. kemungkinan besar pabrik Ford di Afrika selatan yang akan membuat Volkswagen Amarok, mengingat masih satu zona dengan Eropa dan dekat dengan Eropa, yang menjadi pasar terbesar Amarok.

 

Kemudian seperti apa Amarok di pasar global, terutama untuk pasar pikap double cabin yang besar, seperti Australia misalnya. “Kami akan mengirim tim desain khusus dari Volkswagen Commercial Vehicles ke Australia, “ ujar Albert-Johann Kirzinger, chief designer Volkswagen Commercial Vehicle. Tentu tujuannya agar Amarok baru itu tetap akan menjadi Volkswagen, bukan sekadar Ford yang re-badge.