Ternyata Inden Toyota Rangga Sudah Sampai Tahun Depan

15 October 2024
Erie W. Adji
 
Sampai akhir tahun 2024 sudah terpesan 1.000 unit
 

Muncul perdana sebagai pikap konsep di ajang GIIAS 2023, pekan ini Toyota All New Hilux Rangga (Toyota Rangga) dirilis resmi untuk pasar Indonesia oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM). Bertempat di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat.  

President Director TAM, Hiroyuki Ueda, saat inagurasi rilis pikap itu (15/10) menyebutkan, bahwa hadirnya Toyota Rangga merupakan sejarah bagi Toyota Indonesia dengan menghadirkan produk solusi mobilitas yang baru seiring dengan perjalanan holistik Toyota di Indonesia selama 50 tahun terakhir.

Hal yang diutarakan oleh Ueda-san itu bahwa rilis Toyota Rangga merujuk juga perkembangan berbagai sektor di Indonesia mulai dari privateer, sampai operasional korporasi kecil maupun raksasa yang membutuhkan sarana transportasi sekaligus mobilitas yang tangguh serta efisien.

Untuk itu pula disebutkannya bahwa Toyota Rangga akan memberikan kesempatan bagi body builder atau karoseri  lokal untuk bisa berperan serta merespon permintaan konsumen akan kendaraan yang sesuai kebutuhan mereka.

Hal itu sejalan dengan apa yang diutarakan Akio Toyoda, Chairman Toyota Motor Corporatio saat rilis perdana proyek IMV Zero di Thailand tahun lalu. Ia menyebutka bahwa setiap model IMV wajib juga melibatkan para engineer lokal. Dengan begitu bisa menciptakan sebuah kontribusi yang baik untuk pertumbuhan ekonomi Asia

Peran para ‘mitra lokal’ dalam pengembangan IMO Zero ini akan membuat setiap negara dimana mobil beredar dengan spesifikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan kosumen di negara tersebut.

“Reputasi Toyota di Indonesia salah satunya dibangun dari sektor komersial dengan lahirnya Toyota Kijang sebagai kendaraan pikap multiguna tahun 1977. Dengan visi continuous improvement, Toyota melanjutkan legacy dari Toyota Kijang dengan memperkenalkan Rangga Concept yang bertujuan untuk kembali memberikan dampak berarti dalam mendukung pertumbuhan ekonomi negara," kata Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy, saat rilis perdana Rangga Concept (10/8) saat ajang GIIAS 2023.

Sudah ada 70 perusahaan karoseri yang berada di ekosistem Toyota Rangga dan jumlah itu akan terus bertambah

Desain tanpa batas untuk Rangga

Sebagai kendaraan modular, Toyota Rangga menyodorkan dua varian utama yaitu pikap dan sasis.

Untuk bentuk yang nantinya disesuaikan dengan kebutuhan spesifik dari pembeli akan disodorkan pilihan varian sasis.

“Kami menyiapkan Toyota Hilux Rangga untuk tiga kebutuhan utama di pasar Indonesia, yaitu; bisnis, public service, dan lifestyle,” jabar Anton saat sesi End Year Media Gathering tahun 2023 juga (12/12).

Ditemui juga saat sesi rilis Toyota Rangga pekan ini, Anton kembali menyebutkan bahwa pihaknya tidak memberikan batasan desain yang diinginkan oleh konsumen. Tentu selama kelaikan teknisnya bisa diakomodir oleh pihak TAM.

“Jika ada 14 hasil ubahan bodi yang kami hadirkan hari ini (15/10) bukan jadi batasan bahwa model bodi tambahan pada Toyota Rangga akan sebatas itu, tidak ada batasan selama memungkinkan dari segi teknis,” ungkapnya.

Hiroyuki Oide, Marketing Director TAM juga menyebutkan bahwa semua pemesanan bodi atas Toyota Rangga sudah termasuk pegurusan legalitasnya. “Kami mencanangakan bahwa setiap pesanan bisa diselesaikan dalam kurun waktu 30 hari.

Memugkaskan harapa besar atas penjualan Toyota Rangga, Anton menyebutkan bahwa pihaknya sudah mendapatkan data bahwa sampai akhir tahun 2024 telah terpesan sebanyak 1.000 unit. “Pemesanan tambahan di luar angka itu memang akan mendapatkan jadwal delivery tahun depan,” ujarnya.

Baca juga: Inilah Harga Resmi Toyota All New Hilux Rangga

Baca juga: Isuzu Traga, ‘Pewaris’ Panther Sebagai People Mover

Desain mobil penumpang karya karoseri New Armada

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait