Isuzu Traga, ‘Pewaris’ Panther Sebagai People Mover

Isuzu Traga, ‘Pewaris’ Panther Sebagai People Mover
Solusi transportasi untuk bisnis angkutan penumpang
 

Di sela-sela ajang GIIAS 2024 beberapa waktu lalu (25/7) President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Yusak Kristian, menyebutkan bahwa tahun 2008  bisa disebut sebagai periode penting bagi Isuzu di dunia, termasuk di Indonesia.

Waktu ada perubahan fokus ekspansi ke segmen angkutan barang. “Hal ini membuat banyak perubahan yang fundamental bagi Isuzu di Indonesia,” sebut Yusak Kristian dalam sesi Editorial’s Meeting itu. 

Begitu signifikan perubahan strategik itu memang bukan hal mudah. “Kami harus merubah perspesktif ke arah yang berbeda, karena penanganan kendaraan penumpang dan barang berbeda sama sekali. Mulai dari proses perencanaan produk sampai layanan aftersales,” beber Yusak lagi.

Lebih spesisifk, perubahan arah Isuzu secara global itu membuat model-model kendaraan penumpang juga mengalami pergeseran dalam penangannya. Meskipun tida sepenuhnya ditinggalkan. Segmen yang dtinggalkan Panther itu kini sudah diisi oleh Traga yang bisa juga diubah menjadi microbus.

Untuk Traga sendiri, masih diterangkan oleh Yusak, merupakan produk yang dibuat di Indonesia dan menjadi basis produksi untuk pasar global. Penampilannya di ajang GIIAS 2024 jadi kesempatan perdana Isuzu di sektor kendaraan angkutan penumpang. Kendaraan angkutan penumpang ini menawarkan sejumlah keunggulan di berbagai aspek untuk menunjang perjalanan yang aman dan nyaman.

Punya nilai unggul juga dalam hal perawatan berkala serta harga suku cadang terjangkau

Empat keunggulan Traga

Isuzu Traga Bus dikembangkan dengan mengedepankan 4 aspek unggulannya, yakni Comfort, Good Performance, Fuel Efficiency, dan Safety. Keempat aspek ini dikembangkan dari segi kenyamanan, Isuzu Traga Bus memiliki Panjang 4.660 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 2.450 mm, dan wheelbase di 2.250 mm sehingga mampu menghadirkan interior yang lega bagi penumpang 10 orang penumpang selama perjalanan.

Selain itu, area plafon Isuzu Traga Bus dibuat lebih tinggi agar memberikan ruang headroom yang tinggi dan muat untuk instalasi AC penumpang.

Isuzu Traga Bus menggunakan mesin 4JA1-CR 2.500 cc yang sudah memenuhi emisi gas buang berstandar Euro 4. Mesin yang terkenal handal dan bertenaga ini mampu hasilkan tenaga mencapai 80 PS setara 81 daya kuda (3.500 rpm) dan torsi di 19,5 Nm (1.800-2.400 rpm). Di sisi lain, mesin ini juga sudah teruji efisiensinya karena sejak lama menjadi andalan bersama Isuzu Partner yang dikenal irit serta bandel.

Seluruh penumpang Isuzu Traga Bus akan mendapatkan keamanan yang maksimal, melalui penggunaan suspensi Double Wishbone with Coil Spring di depan dan Leaf Spring Type di belakang untuk memberikan stabilitas selama perjalanan.

Selain itu sistem pengeremannya menggunakan system Ventilated Disc di depan dan Drum, leading and trailing di belakang agar bisa mendapatkan pengereman yang maksimal dan halus di saat deselerasi. Untuk meningkatkan keamanan dalam perjalanan, tersedia juga APAR berukuran 1 kilogram yang siap digunakan.

Baca juga: GIIAS 2024: Isuzu Fokus Di Segmen Logistik

Baca juga: GIIAS 2024: Tampilan Medium Bus Makin Maksimum

Kompartemen depan termasuk lapang dan punya faktor ergonomis yang memadai untuk ukuran microbus

Punya daya tampung sebanyak 10 penumpang dengan label harga 'miring'