Baru Diuji 2022, Hino Sudah Tetapkan Jadwal Tes Truk Fuel Cell

Baru Diuji 2022, Hino Sudah Tetapkan Jadwal Tes Truk Fuel Cell
Pengujian rencananya akan dilakukan mulai musim semi 2022. Di antaranya oleh perusahaan minuman Asahi Group & NLJ.
 

Keseriusan Hino untuk mengembangkan produk ramah lingkungan yang bebas emisi ditampilkan lewat Project Z. Menariknya agenda pengujian produk tersebut di tahun 2022 sudah diumumkan oleh Hino.

Di mana sederet perusahaan akan mencoba truk Hino berteknologi hidrogen fuel cell yang dikembangkan bersama Toyota. Eits, ini berbeda versi dari model yang diumumkan sebelumnya ya.

Karena jika pada pengumuman beberapa waktu lalu, Hino menyatakan jika model yang diandalkan adalah truk Hino XL bermoncong panjang (bonnet). Sedangkan versi yang diuji di Jepang berbasis Hino Profia.

Profia FCEV ini diklaim mampu bergerak sejauh 600 km dengan sokongan daya listrik dari baterai lithium-ion. Daya baterai tersebut dihasilkan dari reaksi kimia dari hidrogen di dalam tabung bertekanan tinggi.

Pengujian rencananya akan dilakukan mulai musim semi 2022. Di antaranya oleh perusahaan minuman Asahi Group & NLJ. Perusahaan yang akan memanfaatkan truk itu untuk membawa bir dan soda dari Moriya di Ibaraki ke Tokyo dan Sagamihara.

Lalu ada Seino Transportation yang akan membawa kargo dari Tokyo ke Sagamihara dan Odawara. Kemudian Yamato Transport juga menggunakan Profia FCEV untuk mengantar barang dari Haneda di Tokyo ke Maebashi City di Gunma.

Toyota turut menguji truk ini. Yakni untuk pengantaran logistik komponen dari pabrik mereka di Aichi ke Toyota Tobishima Logistics Center di pelabuhan Nagoya.

Pengujian tersebut diharapkan mampu membuktikan kemampuan truk tersebut. Baik dari sisi performa, karena truk juga akan melalui jalan tol. Serta bekerja sesuai dengan load yang diberikan oleh truk diesel.