Ford F-59: Mobil Barang Tenaga Buas

16 June 2023
Erie W. Adji
 
Walaupun tampilannya ‘ketinggalan jaman’
 

Ada satu katagori produk Ford untuk pasar Amerika Serikat punya seksi spesial yang dilabeli Ford Commercial Vehicles. Paling tidak ada tujuh model dasar yang bisa dipilih konsumen dan bisa juga dimanfaatkan dengan detail desain tambahan.

Ada Ford Super Duty yang bisa untuk menarik gandengan berat, ada Transit Connect sebagai van multiguna, tersedia pula E-Transit Van yang bertenaga listrik. Dan juga Ford F-59 “Stripped Chassis” yang mampu menjelma sebagai mobil boks dengan daya muat maksimal denga mesin sangat bertenaga.

Ford F-59 sendiri termasuk keluarga “F Series” yang merupakan barisan kendaraaan angkut “medium-duty”. Ada berbagai macam model maupun varian dari kelompok kendaraan ini sejak muncul perdana tahun 1948 dengan satu karakter yang khas. Yaitu pemakaian sasis konvensional.

Sasis baru lebih kuat sekaligus makin mudah dipasangi bodi berbagai model

Pada F-59 keluaran 2023 sudah dilakukan perubahan struktur serta mutu maupun kekuatan pada sasis baru yang juga membuka kemudahan untuk aplikasi bodi maupun kaki-kaki. Karena salah satu tujuan dari perubahan pada sasis agar mobil serbaguna ini bisa tetap nyaman saat dibawa untuk rute yang jauh.

Selain itu, mesinnya yang akan digendong juga bukan spesifikasi ‘biasa’. Karena Ford F-59, dan juga F-53, diperkuat mesin 7.300 cc V8 yang lewat transmisi otomatis 6-percepatan akan mampu keluarkan tenaga puncak sampai 335 daya kuda.

Mesin yang sama juga dipakai pada keluarga seri F yang lain seperti; F-250, F-650, F-600, sampai seri Blue Bird Vision. Dapur pacu ini memang buat kerja keras, namun diklaim tetap punya efisiensi tinggi utuk kelas mesin kapasitas besar.

Bisa dipasang bodi dengan panjang maksimal 7,3 meter, dan dua roda depan bisa berbelok sampai 50 derajat

Baca juga : Ford Transit: Legenda Hidup Van

 

 

 

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait