Hino : New Generation Ranger Raih Marketshare Terbesar

Hino : New Generation Ranger Raih Marketshare Terbesar
PT Hino Motors Sales (HMSI) mencatat prestasi memuaskan selama Januari-Juli 2016 di pasar kendaraan niaga tanah air. Meski pasar medium duty truck turun Hino masih bisa tetap bertahan.
 

Ketika pasar truk medium duty truck (truk kategori 3) sedang turun 12% selama Januari–Juli 2016, New Ranger masih mampu mempertahankan posisinya sebagai market leader.

Selama periode Januari sampai Juli 2016, New Generation Ranger meraih porsi market share paling besar, sebanyak 60% dan mampu mempertahankan keunggulan dari para pesaingnya. 

Selama periode tersebut Hino berhasil menjual New Generation Ranger kepasar sebanyak 5.427 unit. Tipe FM 260 JD 6x4 yang merupakan legenda dump truk di Indonesia masih menjadi tulang punggung penjualan Hino pada segmen ini. 

FM 260 JD menyumbang 20% penjualan Hino di segmen medium duty truck

Tercatat FM 260 JD berhasil terjual sebanyak 969 unit atau menyumbang 20% penjualan Hino di segmen medium duty truck, selebihnya ada berbagai macam model seperti New Generation Ranger FL 235 JW yang diperuntukkan untuk segmen kargo, di mana segmen bisnis ini terbilang stabil penjualannya setiap tahun dan menjadi salah satu segmen andalan Hino. 

Di semester pertama tahun ini FL 235 JW yang memiliki konfigurasi 6x2 berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 474 unit, selanjutnya ada New Generation Ranger SG 260 Tractor Head 4x2 yang masih menjadi raja penarik kontainer dengan penjualan 401 unit.
Segmen Bus
Di segmen bus dari total penjualan secara nasional, pada Januari – Juli 2016 Hino Bus masih menjadi penguasa dengan penjualan 635 unit atau meraih 72.32% pangsa pasar dari total penjualan nasional bus sebanyak 878 unit.

Tipe bus Hino R 260 menjadi model terlaris dan menopang penjualan bus Hino paling besar dengan sumbangsihnya sebesar 71% atau setara dengan 448 unit. 

Bus bermesin belakang ini memang sangat handal dan tangguh dijadikan transportasi antar kota maupun dalam kota karena memiliki kapasitas hingga 59 tempat duduk.

"Kami bersyukur di kondisi pasar yang belum stabil masih dapat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat Indonesia, ini terbukti Hino masih menjadi market leader dan dapat membukukan penjualan yang cukup baik untuk truk sedang dan bus," kata Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.

Menurutnya, hasil yang tak kalah menggembirakan pada truk ringan Hino Dutro. Santiko mengatakan, terjadi anomali di pasar, ketika pasar segmen truk ini sedang turun, penjualan Hino Dutro malah terus tumbuh dan naik market share-nya.

"Tentunya hal ini tidak terlepas dari kerjasama yang kuat dan saling membantu antara Hino dengan seluruh pelanggan kami,” kata Santiko Wardoyo.