Mengapa Mobil Pemadam Kebakaran Warnanya Merah?

13 April 2020
Suryo S
 
Dulu, mesin pompa air berwarna merah, dipasang pada kereta kuda di Inggris, kemudian warna tersebut menjadi identik dengan unit pemadam kebakaran.
 

Jika melihat kendaraan pemadam kebakaran di Indonesia, pada umumnya berwarna merah, walau ada beberapa yang menggunakan warna kuning menyala, seperti yang digunakan di beberapa bandara udara Internasional di Indonesia.

Berbicara soal warna merah,  sebagian dari kita mungkin beranggapan warna merah itu adalah perlambang dari api. Ada juga yang bilang, warna merah mencolok secara psikologis. Hal ini diperlukan, agar truk tersebut bisa mendapat prioritas di jalan raya oleh pengendara lainnya.

Tapi berdasarkan studi yang dirilis pada 1995, warna merah justru menunjukkan sisi negatif, bahwasanya kendaraan damkar berwarna merah berpeluang terlibat kecelakaan lalu lintas tiga kali lebih besar dibandingkan dengan warna hijau ataupun kuning.

Hal inilah yang kemudian menjadi dasar penggunaan warna lain untuk pemadam kebakaran seperti yang digunakan pada bandara internasional ataupun di beberapa negara Eropa dan juga sebagian Amerika Utara.

Mengenai asal usul penggunaan warna merah dimulai di Inggris pada 1721. Saat itu Richard Newsham yang dikenal sebagai pencetus diadakannya unit damkar membentuk unit khusus dan berikut perlengkapan keretanya. Salah satu yang menjadi ciri adalah mesin pemadam berwarna merah yang dipasangkan pada kereta kuda. Pada perkembangannya, mesin pemadam berkelir merah ini kemudian digunakan secara luas hingga hampir seluruh Eropa.

Tak sedikit yang kemudian melakukan penyesuaian warna alat pemadam tersebut menjadi merah. Salah satunya terjadi pada Ford Model T yang digunakan sebagai mobil pemadam dan dikelir ulang dengan warna merah. Sebagai informasi, semua unit Model T hanya disediakan oleh pabrik dalam warna hitam. Konon, Model T pertama berwarna merah merupakan kendaraan pemadam kebakaran.

Sedangkan warna merah pada damkar Indonesia, tak lain merupakan hasil warisan brandweer dari era kolonial Belanda. Mempertahankan warna merah  untuk damkar Indonesia, lebih mempertimbangkan dari sisi sejarah dan jika melihat dari situs resminya, warna merah dipertahankan karena melambangkan keberanian.

Merah, menjadi ciri mobil damkar hingga kini
 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait