‘Siapakah’ PO EPA Star?

10 July 2024
Erie W. Adji
 
Salah satu pemain kuat di Jalur Palembang-Jakarta-Bandung
 

Berdasarkan laman data registrasi kendaraan bermotor di pihak Korlantas Polri, tertanggal 7 Juli 2024, jumlah bus di provinsi Sumatera Selatan sejumlah 7.055 unit. Di provinsi Sumatera Utara ada 9.350 unit, dan Sumatera Barat 4.513 unit.  

Nah, Sumatera Selatan yang merupakan ‘daerah perlintasan’ di jalur timur Sumatera punya banyak operator bus. Baik yang punya rute sampai pulau Jawa maupun yang hanya berkonsenterasi di area pulau Sumatera.

Salah satunya adalah Perusahaan Otobus (PO) EPA Star yang bermarkas di bilangan R. Sukamto di kota Palembang. Berdasarkan tayangan dari akun Youtube, Perpalz TV tahun 2023 (10/3) diketahui bahwa operator bus dengan liver khas warna hijau dan putih itu berdiri tahun 2010.

Dari tayangan yang dibawakan oleh Kurnia Lesani Adnan, bos PO SAN Transport, yang jadi pendiri EPA Star adalah H. Afrinaldi. Semua yang berkaitan dengan layanan bus bermula setelah dirinya merintis usaha tranpsortasi barang menggunakan truk.  

Salah satu alasan dibukanya layanan bus pariwisata itu karena menurutnya Palembang memiliki daya tarik wisata yang eksotis.

Unit baru bersasis Volvo B11R dengan bodi buatan karoseri Tentrem Malang

Hingga kini, EPA Star telah mempunyai cabang usaha yang sejalan dengan bidang tarnsportasi seperti persewaan mobil, penginapan, kurir, perjalanan wisata, dan tentu saja layanan perjalan bus antar kota.

Dari berbagai armada bus AKAP yang dimiliki, mayoritas dibangun di karoseri Tentrem asal Malang. Dan pada kuartal kedua 2024 telah rilis juga bus Double Decker racikan karoseri Tentrem untuk line AKAP.

Sampai saat ini kota tujuan yang disambangi perusahaan ini di pulau Jawa adalah seputaran wilayah Jakarta dan Bandung. Sementara daerah tujuan maupun titik keberangkatan dari Palembang adalah Padang, Bukitinggi, Sekayu, Jambi, Payakumbuh, dan Tanjung Enim.

Baca juga: PO EPA Star Menambah Empat Unit Baru Jurusan Payakumbuh-Bandung

Baca juga: Bus EPA Star Rute Palembang-Bandung, Punya Kelas Social Distancing

Layanan pariwisata juga jadi tulang punggung EPA Star

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait