Ford F-150 Lightning “SuperTruck”: Pikap Tercepat Tahun 2024?

04 July 2024
Erie W. Adji
 
Bertenaga setara 1.600 daya kuda
 

Ajang Pikes Peak Hill Climb banyak dipakai oleh pabrikan untuk menguji performa secara langsung. Tidak hanya untuk kendaraan bermesin fosil, makin banyak juga mobil bertenaga listrik yang diturunkan untuk mengetahui secara langung performanya.

Jarak tempuhnya mungkin tidak terlalu jauh, ‘hanya’ 19,99 kilometer. Namun jalur berliku di pegunungan wilayah Colorado, Amerika Serikat itu punya sekurangnya 156 tikungan. Titik start juga tidak biasa karena ada di ketinggian 1.440 meter di atas permukaan laut. Kemudian titik finish di pegunungan yang bernama Pikes Peak itu dengan ketinggian 4.302 meter di atas permukaan laut.

Khusus monbil tenaga listrik, pertama kali yang melakukan uji coba adalah Joe Ball dengan mobil Sears dengan catatan waktu 32:07.410 di tahun 1980. Rekor tercepatnya yang 7:57.148 dengan VW I.D R dengan pembesut seorang pembalap asal Perancis, Romain Dumas pada tahun 2018.

Nah, untuk tahun ini, tepatnya di bulan Juni lalu, pihak Ford merilis Ford F-150 Lightning “Super Truck” dengan driver Romain Dumas untuk memecahkan rekor Ford SuperVan 4.2 yang catatan waktunya 8:47.682.

Hasilnya memang masih belum memecahkan rekor van dengan tenaga puncak setara 1.400 daya kuda dimana pikap listrik yang bertenaga puncak setara 1.600 daya kuda itu bisa mencatatkan waktu tempuh 8:53.553. Kecepatan maksimalnya diklaim secepat 240 km/jam.  

Motor listrik jadi salah satu fokus pengujian karena konsumen pikap di Amerika Serikat 'rewel' semua hal yang bekaitan dapur pacu

Pikap yang aslinya bertenaga puncak 462 daya kuda itu persiapannya ditangani oleh pihak Ford sendiri yang bekerja sama dengan STARD Advanced Research and Development.

Sebagai pembangkit dayanya dipakai tiga paket STARD UHP 6-Phase Motors, kemudian baterainya Ultra-High Performance Li-Polymer NMC.

“Untuk memberikan produk terbaik bagi konsumen, kami terus melakukan riset yang salah satunya dilakukan lewat jalur balap untuk mendapatkan konsisi tes yang paling berat,” sumbar Mark Rushbrook, Global Director Ford Performance dalam keterangan resminya.

Ford sendiri sejak tahun 1916 telah menjajal ajang Pikes Peak lewat Ford Model T yang kala itu mencatatkan waktu tempuh 28:03.

Baca juga: Toyota Mulai Uji Coba Hilux Hidrogen

Baca juga: Mitsubishi “All New” Triton Raih Lima Bintang ASEAN NCAP

Ajang Pikes Peak jadi sarana uji kecepatan, performa berkendara, efisiensi daya, sekaligus jarak tempuh

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait