Inilah Beda Sasis Toyota Rangga VS Toyota Champ

Inilah Beda Sasis Toyota Rangga VS Toyota Champ
Keduanya satu platform yang sama
 

Toyota Rangga telah rilis di Indonesia pekan ini (15/10). Punya rentang harga mulai Rp188,7 juta-Rp304.5 juta dengan sepuluh varian. Dengan begitu pikap rakitan Thailand ini akan berhadapan langsung, setidaknya, dua ‘senior’ yang sudah terlebih dulu berada di pasar untuk segmen pikap kelas menengah yaitu Isuzu Traga dan Mitsubishi L300.

Keduanya punya rentang harga; mulai Rp 242,6 juta hingga Rp 272,3 juta untuk Isuzu Traga, dan Rp 230 juta hingga Rp 232,5 juta untuk Mitsubishi L300.  

Untuk Toyota Rangga menyodorkan dua mesin yakni  mesin bensin 2.000 cc berkode 1GR-FE dan mesin diesel berkode 2GD-FTV berkapasitas 2.400 cc.

Pilihan transmisi otomatis hanya akan tersedia pada varian bermesin diesel 2.4 liter, selain juga tersedia transmisi otomatis. Untuk bensin hanya tersedia tipe manual 5 speed saja.

Secara umum, baik versi Thailand maupun Indonesia praktis tidak ada perbedaannya. Kalaupun perbedaan, untuk versi Thailand masih ada satu pilihan mesin yaitu mesin berkode 2TR-FE yang berkapasitas 2.700 cc.

Satu lagi, untuk Toyota Champ disodorkan langsung dua pilihan wheelbase; 2.750 mm (short) dan 3.085 mm (long). Untuk Toyota Rangga hanya ada pilihan wheelbase yang 2.750 mm.

Jika pakai wheelbase lebih panjang bukan tidak mugkin Toyota Rangga malah 'mengancam' segmen truuk ukuran medium

Spesifikasi wheelbase Toyota Rangga lebih pendek dibadingkan Toyota Champ

 

Berkaitan soal itu, Regional Chief Engineer of Hilux Rangga, Jurachart Jongusuk,  menyebutkan bahwa meskipun pemakaian sasis panjang memang akan berdampak signifikan pada potensi daya angkut namun karakter jalanan di Indonesia tidak sesuai dengan jenis sasis panjang bagi sebuah pikap sekelas Toyota Rangga.

“Kami juga mendapatkan informasi dari proses persiapan yang intensif bahwa calon operator dari mobil ini juga mengutarakan potensi masalah jika memakai sasis panjang, radius putarnya nanti jadi tidak cocok juga untuk kondisi jalanan di mayoritas wilayah Indonesia,” ungkap Jurachart yang juga menjabat sebagai Regional Chief Engineer of Toyota Daihatsu Engineering and Manufacturing Company Limited.    

Dampak dari pemakaian wheelbase tetu berdampak pada aplikasi bodi tambahan. Ambil contoh untuk pemakaian bak terbuka. Toyota Rangga hanya akan bisa dipasang bak dengan panjang 2.312 mm.

Pada Toyota Champ yang punya pilihan wheelbase lebih panjang akan memugkikan pada pemasangan bak belakang dengan panjang 2.312 mm.

Baca juga: Setelah Toyota Rangga Hadir, Apakah Toyota Hilux Punah?

Baca juga: Inilah Harga Resmi Toyota All New Hilux Rangga

 Panel pintu 'sederhana', benar-benar mengutamakan fungsi

Posis bukaan pintu menyamping, trik desain sederhana namun stylish