Truk MAN Peduli Pejalan Kaki

Truk MAN Peduli Pejalan Kaki
Ternyata bisa hemat solar
 

Pabrikan MAN akhirnya merilis fitur yang khusus memperhatikan keberadaan pengguna jalan yang paling rentan, pejalan kaki dan pesepeda. Nama paket fiturnya “PredictiveDrive”, yang juga menyertakan perhatian khusus juga ke soal pengenalan rambu lalu lintas, maupun indikator tekanan ban.

Paket fitur ini muncul pada model terbaru seperti TGX, TGS, TGL, dan TGM dengan mesin D26 yang lebih bertenaga dan sekaligus lebih hemat bahan bakar, aerodinamikanya yang lebih baik, dan gandar baru secara bersama-sama menghemat bahan bakar hingga 6%.

Deteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda membuat truk MAN lebih aman dikendarai sekaligus lebih ekonomis. Sistem keselamatan "FrontDetection" yang baru secara efektif memantau kondisi sekitar truk apakah ada pejalan kaki atau pengendara sepeda yang berada di area yang sulit dilihat secara langsung di depan kendaraan. Area ‘blind spot’ itulah yang dipantau ketika truk mulai berjalan maupun saat melaju dalam jalur perkotaan hingga 10 km/jam dan memperingatkan pengemudi secara visual dan akustik.

Pada saat yang sama, fungsi keselamatan baru ini dimasukkan ke dalam sistem keamanan yang terhubung dengan Emergency Brake Assist (EBA) generasi ketiga yang merupakan temuan MAN sendiri. Sistem ini akan mendeteksi pengguna jalan lain saat truk melaju di kecepatan serendah 10 km/jam yang tidak langsung berada di jalur di depan truk tetapi berpotensi melintasi arah laju truk.

Jika ditengarai ada, misalnya pejalan kaki, yang akan menyeberang jalan maka sistem akan memberi peringatan ke sopir jika akan ada potensi tabrakan yang akan segera terjadi dan, jika perlu, secara otomatis memulai dilakukanya proses pengereman darurat.

Sistem keamanan berkendara ini juga akan menjaga arah laju truk meski pengemudinya kurang piawai ataupun tidak berhati-hati. Karena sistem akan pengemudi secara visual dan akustik. Sebut saja ketika pengemudi mengantuk, terlebih saat malam hari, jika ditengarai jarak dengan kendaraan di depan berada dalam rentang yang tidak aman maka ada alarm yang akan memperingatkan pengemudi untuk segera bereaksi.

Truk MAN semakin canggih sistem kemaan berkendaranya